get app
inews
Aa Read Next : Angka Inflasi Sultra Terkendali Pasca Idul Fitri 1445 H di Bawah Angka Inflasi Nasional

Fenomena Baru Politik di Sultra, Jaelani Caleg Muda PKB Raih Kursi DPR RI dengan Suara Fantastis

Jum'at, 15 Maret 2024 | 00:35 WIB
header img
Fenomena Politik Baru di Sultra, Jaelani Caleg Muda PKB Raih Kursi DPR RI dengan Suara Fantastis. (Foto: Istimewa)

Basis Pemilih Jaelani di Sektor Petani dan Nelayan

PKB, yang selama ini dikenal sebagai partai nahdliyin yang berbasis di Jawa, terutama Jawa Timur, kini mulai menunjukkan keberadaannya di Indonesia bagian timur melalui peningkatan suara yang signifikan dari Jaelani. Hal ini menandai ekspansi partai besutan Abdul Muhaimin Iskandar ke wilayah-wilayah baru di Indonesia.

Menurut La Ode Efrianto, seorang dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, keberhasilan PKB mengamankan satu kursi DPR RI di dapil Sultra merupakan tonggak sejarah baru dalam perpolitikan Sulawesi Tenggara. Hal ini menarik karena sejak tahun 1999, PKB hanya menjadi partai semenjana.

“Namun sekarang, PKB Sultra di bawah kepemimpinan Jaelani, memberikan warna baru. Bahkan Jaelani mampu menjadi caleg paling produktif mendulang suara dibandingkan caleg lainnya di Sulawesi Tenggara,” kata Efrianto.

Kata Efrianto, perolehan suara Jaelani yang mencapai lebih dari 116 ribu suara, juga mencatat rekor baru dalam perolehan suara caleg secara individu di Sulawesi Tenggara.

Alumni Universitas Gadjah Mada ini juga mencatat bahwa selama tiga periode pemilu di Sulawesi Tenggara, terdapat tiga partai besar yang secara konsisten berhasil meloloskan kadernya ke DPR RI melalui dapil Sultra. Contohnya, Demokrat yang pernah meraih dua kursi, serta Golkar dan PAN.

Editor : Asdar Zuula

Follow Berita iNews Kendari di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut