get app
inews
Aa Read Next : Angka Inflasi Sultra Terkendali Pasca Idul Fitri 1445 H di Bawah Angka Inflasi Nasional

Fenomena Baru Politik di Sultra, Jaelani Caleg Muda PKB Raih Kursi DPR RI dengan Suara Fantastis

Jum'at, 15 Maret 2024 | 00:35 WIB
header img
Fenomena Politik Baru di Sultra, Jaelani Caleg Muda PKB Raih Kursi DPR RI dengan Suara Fantastis. (Foto: Istimewa)

Sedangkan politisi yang telah memiliki nama besar di Sultra, yang dikalahkan Jaelani pada Pemilu 2024, adalah mantan Gubernur Sultra Ali Mazi hanya memperoleh 68.099 suara. Perolehan suara ini, membuat Ali Mazi gagal ke senayan karena kalah dari rival separtainya di NasDem yang juga incumbent, Tina Nur Alam yang meraih 68.683 suara.

Tina Nur Alam, istri mantan Gubernur Sultra dua periode Nur Alam, mengunci kursi kedua DPR RI dapil Sultra.

Jaelani, juga mengalahkan perolehan suara incumbent lainnya, Politis Partai Golkar, Ridwan Bae, mantan Bupati Muna dua periode, yang hanya mengumpulkan 84.440 suara. 

Golkar, parpol besar di Sultra, meraih 149.788 suara secara keseluruhan. Perolehan suara ini, terpaut tipis dengan perolehan suara PKB di dapil Sultra.

Incumbent lain perolehan suara individunya dikalahkan oleh Jaelani, adalah Bahtra dari Partai besutan Prabowo Subianto, Gerindra, berhasil meraih kursi pertama setelah partainya mengumpulkan 233.478 suara. Bahtra berhasil memperoleh suara terbanyak di partainya sebanyak 85.596 suara.

Selanjutnya, incumbent adalah Hugua yang mencalonkan diri melalui PDIP dalam Pemilu 2024, namun hanya mendapatkan 41.165 suara. 

Meskipun demikian, mantan Bupati Wakatobi dua periode ini tidak berhasil lolos ke DPR RI karena kalah selisih suara dari rival separtainya, yakni mantan Bupati Kolaka dua periode, Ahmad Safei, yang berhasil mengumpulkan 58.466 suara. Gabungan suara yang diperoleh Hugua dan Ahmad Safei pun dikalahkan oleh Jaelani.

Editor : Asdar Zuula

Follow Berita iNews Kendari di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut