Diduga Berpihak ke PT CSM, Massa IMM Desak Kapolda Sultra Copot Kapolres Kolaka Utara

Febriyono Tamenk
.
Senin, 05 Desember 2022 | 18:58 WIB
Massa IMM berunjuk rasa di Markas Polda Sultra, Senin (5/12/2022), Massa Desa Kapolda Sultra Copot Kapolres Kolaka Utara. (Foto: Febriyono Tamenk)

KENDARI, iNewsKendari.id - Massa tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Muhammad (IMM), berunjuk rasa di Markas Polda Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (5/12/2022) siang. 

Pengunjuk rasa menggelar orasi dan membakar ban bekas di depan gerbang Markas Polda Sultra, untuk menyampaikan tuntut mereka.

Dalam orasinya, massa mempertanyakan tindakan Polres Kolaka Utara, mencabut plang PT Golden Anugerah Nusantara (GAN) di Desa Sulaho, Kolaka Utara dan menangkap 27 Karyawan PT GAN yang berjaga di lokasi IUP.

Massa menilai Kapolres Kolut, berpihak pada PT Citra Silika Malawa (CMS) saat ini tengah berpolemik soal IUP dengan PT GAN. Olehnya itu, massa mendesak Kapolda Sultra, segera mencopot Kapolres Kolaka Utara, AKBP Moh Yosa Hadi dari jabatannya.

Selain itu, pengunjuk rasa juga mempertanyakan laporan dugaan pemalsuan dokumen IUP dengan terlapor PT CMS. Sebab laporan ini sudah disampaikan pada Ditreskrimum Polda Sultra, dua bulan lalu, namun hingga saat ini belum ada perkembangan.

"Pada saat mereka (karyawan PT GAN) datang untuk menghentikan pihak PT CSM yang lagi beroperasi pertambangan di sana (Desa Sulaho, Kolut) mereka ditahan dan sampai kemudian plang (putusan) MA dan PTUN itu dicabut oleh Polres Kolaka Utara. Sehingga hal ini yang membuat kami berpikir bahwa ada apa ini dengan Polres Kolaka Utara," jelas pengunjuk rasa, Andri Awu di Mapolda Sultra, Senin (5/12/2022).

Follow Berita iNews Kendari di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini