Logo Network
Network

Cuaca Ekstrem Masih Terjadi di Perairan Sultra, Basarnas Kendari Imbau Warga Waspada

Febriyono Tamenk
.
Selasa, 27 Desember 2022 | 17:28 WIB
Cuaca Ekstrem Masih Terjadi di Perairan Sultra, Basarnas Kendari Imbau Warga Waspada
Cuaca Ekstrem Masih Terjadi di Beberapa Wilayah Perairan Sultra, Basarnas Kendari Imbau Warga Waspada. (Foto Dok iNewsKendari.id)

KENDARI, iNewsKendari.id - Cuaca buruk angin kencang disertai gelombang tinggi masih terjadi di beberapa wilayah perairan Sulawesi Tenggara (Sultra), hingga beberapa bulan ke depan.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Kendari, mengimbau perusahaan kapal dan warga yang akan bepergian menggunakan kapal laut, agar lebih berhati-hati dan memperhatikan imbauan BMKG, sebelum melakukan perjalanan.

Saat ini, beberapa wilayah di Sultra,mengalami cuaca ekstrem angin kencang disertai gelombang tinggi diantaranya, Perairan Baubau, Laut Banda, dan Perairan Wakatobi.

Kepala Basarnas Kendari, Aris Sofingi, menekankan kepada perusahaan kapal, agar menyiapkan peralatan keselamatan saat berlayar, seperti radio, alat navigasi dan jaket keselamatan.

"Mengimbau kepada masyarakat di Sulawesi Tenggara khususnya masyarakat yang selalu beraktivitas di laut atau di perairan dengan menggunakan moda transportasi laut, apakah itu perahu kecil, longboat, ataupun kapal-kapal yang besar untuk senantiasa memperhatikan terhadap imbauan atau peringatan dini yang dikeluarkan oleh bmkg, terkait dengan cuaca maupun anomalinya, serta memperhatikan terhadap peringatan dini adanya kemungkinan potensi gelombang tinggi yang ada perairan Sulawesi Tenggara," kata Arif Sofingi, Selasa (27/12/2022) siang. 

Angin kencang dan gelombang tinggi diperkirakan akan terjadi hingga Maret 2023, dengan rata – rata ketinggian gelombang mencapai 1 hingga 4 meter.

Editor : Asdar Zuula

Follow Berita iNews Kendari di Google News

Bagikan Artikel Ini