get app
inews
Aa
Read Next : Tampil dengan Model Baru, Tenun Khas Sultra Berkilau di Panggung Indonesia Fashion Week 2024

13 Nama Daerah yang Lucu dan Unik di Indonesia, Nomor 2 dan 3 di Sultra

Jum'at, 16 September 2022 | 07:00 WIB
header img
Jembatan yang ada di Desa Cawet, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Desa Cawet merupakan salah satu nama daerah yang Lucu dan Unik di Indonesia. Foto: Tangkapan layar YouTube.

10. Tutup

Nama daerah yang lucu dan unik di Indonesia berikutnya adalah Desa Tutup yang terletak di Tunjungan, Blora, Jawa Tengah. Dinamakan Desa Tutup karena pada awalnya sebuah tanaman bernama Pohon Tutup tumbuh di desa tersebut. Selain itu, desa ini juga merupakan daerah tertutup dan belum banyak masyarakat yang mengetahuinya.

11. Sukamiskin

Sukamiskin merupakan salah satu kelurahan di Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung. Asal nama Sukamiskin ini diambil dari rangkaian kata bahasa Arab, yaitu suq berarti pasar dan misk berarti minyak wangi, yang dimaknai pasar minyak wangi. Menurut beberapa sumber, dinamakan Sukamiskin karena terdapat pasar minyak wangi di daerah tersebut.

12. Kasihan

Kasihan adalah nama daerah di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Nama ini diambil dari nama Sendang Pengasih, sebuah telaga yang terletak di dusun Kasihan, Kelurahan Tamantirto.

13. Koplak

Desa Koplak terletak di Desa Umbulmartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman. Desa ini bernama Koplak memiliki sejarah dan filosofi yang panjang. Dulunya, masyarakat daerah ini menggunakan gerobak dan andhong sebagai transportasi utama. Tempat singgah andhong dan gerobak pada zaman dahulu dalam bahasa Jawa dinamakan Koplakan. Dari sini nama Dusun Koplak tercipta.

Itu tadi nama daerah yang lucu dan unik di Indonesia. Semoga bisa menambah referensi pengetahuan anda.

Editor : Asdar Zuula

Follow Berita iNews Kendari di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut