Logo Network
Network

13 Nama Daerah yang Lucu dan Unik di Indonesia, Nomor 2 dan 3 di Sultra

Sintia Putri Balqis
.
Jum'at, 16 September 2022 | 07:00 WIB
13 Nama Daerah yang Lucu dan Unik di Indonesia, Nomor 2 dan 3 di Sultra
Jembatan yang ada di Desa Cawet, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Desa Cawet merupakan salah satu nama daerah yang Lucu dan Unik di Indonesia. Foto: Tangkapan layar YouTube.

5. Bajing

Bajing adalah nama sebuah desa di Kecamatan Kroya, Cilacap, Jawa Tengah. Desa ini sangat strategis karena di wilayah ini terdapat pasar yang menjadi jalur perdagangan.

6. Asu

Nama daerah yang lucu dan unik di Indonesia berikut adalah Pulau Asu. Sebuah pulau cantik yang terletak di Nias, tepatnya Kecamatan Kepulauan Hinako, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara. Kata Asu dalam bahasa Jawa berarti anjing. Daerah ini dinamakan Asu karena banyak masyarakat Nias yang memelihara anjing untuk menjaga perkebunan mereka.

7. Cawet

Nama daerah yang lucu dan unik di Indonesia selanjutnya adalah Desa Cawet yang berada di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Cawet dalam bahasa Jawa adalah sebutan bagi pakaian dalam perempuan berbentuk segitiga. Namun daerah ini dinamakan Cawet yang diambil dari kata Cawing Tali, cawing diartikan sebagai celana dan tali adalah pengikat.

Konon dikisahkan ketika di daerah ini memilih pemimpin desa, mereka menunjuk seseorang yang hanya menggunakan cawing sebagai penutup bagian tubuh dan ikat pinggang dengan seutas tali. Maka terciptalah nama daerah Cawet.

8. Kandang Sapi

Kandang sapi adalah sebuah nama desa di Kecamatan Jenar, Sragen, Jawa Tengah. Desa ini dinamakan kandang sapi, diawali dari Perang Mangkubumen. Makna dari nama desa ini sendiri pun karena lokasi tersebut biasa digunakan sebagai tempat gembala sapi. Atau dari diartikan juga sebagai tempat ternak sapi.

9. Siluman

Nama daerah yang lucu dan unik di Indonesia berikutnya adalah Desa Siluman yang berada di Kecamatan Pabuaran, Subang, Jawa Barat. Dikisahkan bahwa nama ini berasal ketika seorang sesepuh menjadi kepala desa pertama, yang kebetulan tinggal di sekitar aliran Sungai Cisiluman, hingga akhirnya dijadikan nama desa.

Follow Berita iNews Kendari di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.