get app
inews
Aa Read Next : Tampil dengan Model Baru, Tenun Khas Sultra Berkilau di Panggung Indonesia Fashion Week 2024

13 Nama Daerah yang Lucu dan Unik di Indonesia, Nomor 2 dan 3 di Sultra

Jum'at, 16 September 2022 | 07:00 WIB
header img
Jembatan yang ada di Desa Cawet, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Desa Cawet merupakan salah satu nama daerah yang Lucu dan Unik di Indonesia. Foto: Tangkapan layar YouTube.

JAKARTA, iNews.idNama daerah yang lucu dan unik di Indonesia ternyata banyak. Bahkan di antaranya ada yang nyeleneh dan bisa membuat orang salah mengartikan.

Indonesia sebagai negara kepulauan, memiliki beragam nama daerahnya. Dari sekian banyak nama daerah, terdapat sejumlah daerah yang namanya lucu dan unik. Berikut deretan nama daerah yang lucu dan unik di Indonesia.

1.Fakfak

Fakfak adalah salah satu daerah yang berada di Provinsi Papua Barat. Nama daerah ini dianggap lucu dan unik karena nama Fakfak dianggap dengan umpatan bahasa asing yang berkonotasi negatif. Dilansir dari kemenag.go.id, nama Fakfak berasal dari kata PakPak yang memiliki arti batu kotak-kotak yang bertumpuk.

2. Baubau

Nama daerah yang lucu dan unik di Indonesia selanjutnya adalah Baubau. Meskipun bernama Baubau, daerah ini tidak bau kok. Baubau terletak di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara, merupakan kota modern yang dikelilingi benteng terbesar di dunia. Nama Baubau diambil dari sejarah kerajaan Buton (Wolio), yang mana para bangsawan memiliki gelar Bau di depan nama mereka sebagai tanda kebangsawanan. Maka dari itu, daerah ini disebut Baubau.

3. Wangi-Wangi

Setelah Baubau, ada pula daerah yang bernama Wangi-Wangi. Wangi-Wangi merupakan Ibu kota Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Wangi-Wangi merupakan gerbang utama untuk memasuki Kabupaten Wakatobi.

4. Pesing

Pesing adalah sebuah nama desa yang terletak di distrik Purwoasri, Kediri, Jawa Timur. Dulunya desa ini adalah kawasan pabrik gula di Purwoasri. Para pekerja mengangkat tebu dengan menggunakan sapi, sehingga wilayah ini dulunya memang berbau tidak sedap.

5. Bajing

Bajing adalah nama sebuah desa di Kecamatan Kroya, Cilacap, Jawa Tengah. Desa ini sangat strategis karena di wilayah ini terdapat pasar yang menjadi jalur perdagangan.

6. Asu

Nama daerah yang lucu dan unik di Indonesia berikut adalah Pulau Asu. Sebuah pulau cantik yang terletak di Nias, tepatnya Kecamatan Kepulauan Hinako, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara. Kata Asu dalam bahasa Jawa berarti anjing. Daerah ini dinamakan Asu karena banyak masyarakat Nias yang memelihara anjing untuk menjaga perkebunan mereka.

7. Cawet

Nama daerah yang lucu dan unik di Indonesia selanjutnya adalah Desa Cawet yang berada di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Cawet dalam bahasa Jawa adalah sebutan bagi pakaian dalam perempuan berbentuk segitiga. Namun daerah ini dinamakan Cawet yang diambil dari kata Cawing Tali, cawing diartikan sebagai celana dan tali adalah pengikat.

Konon dikisahkan ketika di daerah ini memilih pemimpin desa, mereka menunjuk seseorang yang hanya menggunakan cawing sebagai penutup bagian tubuh dan ikat pinggang dengan seutas tali. Maka terciptalah nama daerah Cawet.

8. Kandang Sapi

Kandang sapi adalah sebuah nama desa di Kecamatan Jenar, Sragen, Jawa Tengah. Desa ini dinamakan kandang sapi, diawali dari Perang Mangkubumen. Makna dari nama desa ini sendiri pun karena lokasi tersebut biasa digunakan sebagai tempat gembala sapi. Atau dari diartikan juga sebagai tempat ternak sapi.

9. Siluman

Nama daerah yang lucu dan unik di Indonesia berikutnya adalah Desa Siluman yang berada di Kecamatan Pabuaran, Subang, Jawa Barat. Dikisahkan bahwa nama ini berasal ketika seorang sesepuh menjadi kepala desa pertama, yang kebetulan tinggal di sekitar aliran Sungai Cisiluman, hingga akhirnya dijadikan nama desa.

10. Tutup

Nama daerah yang lucu dan unik di Indonesia berikutnya adalah Desa Tutup yang terletak di Tunjungan, Blora, Jawa Tengah. Dinamakan Desa Tutup karena pada awalnya sebuah tanaman bernama Pohon Tutup tumbuh di desa tersebut. Selain itu, desa ini juga merupakan daerah tertutup dan belum banyak masyarakat yang mengetahuinya.

11. Sukamiskin

Sukamiskin merupakan salah satu kelurahan di Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung. Asal nama Sukamiskin ini diambil dari rangkaian kata bahasa Arab, yaitu suq berarti pasar dan misk berarti minyak wangi, yang dimaknai pasar minyak wangi. Menurut beberapa sumber, dinamakan Sukamiskin karena terdapat pasar minyak wangi di daerah tersebut.

12. Kasihan

Kasihan adalah nama daerah di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Nama ini diambil dari nama Sendang Pengasih, sebuah telaga yang terletak di dusun Kasihan, Kelurahan Tamantirto.

13. Koplak

Desa Koplak terletak di Desa Umbulmartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman. Desa ini bernama Koplak memiliki sejarah dan filosofi yang panjang. Dulunya, masyarakat daerah ini menggunakan gerobak dan andhong sebagai transportasi utama. Tempat singgah andhong dan gerobak pada zaman dahulu dalam bahasa Jawa dinamakan Koplakan. Dari sini nama Dusun Koplak tercipta.

Itu tadi nama daerah yang lucu dan unik di Indonesia. Semoga bisa menambah referensi pengetahuan anda.

Editor : Asdar Zuula

Follow Berita iNews Kendari di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut