13 Nama Daerah yang Lucu dan Unik di Indonesia, Nomor 2 dan 3 di Sultra

Sintia Putri Balqis
.
Jum'at, 16 September 2022 | 07:00 WIB
Jembatan yang ada di Desa Cawet, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Desa Cawet merupakan salah satu nama daerah yang Lucu dan Unik di Indonesia. Foto: Tangkapan layar YouTube.

JAKARTA, iNews.idNama daerah yang lucu dan unik di Indonesia ternyata banyak. Bahkan di antaranya ada yang nyeleneh dan bisa membuat orang salah mengartikan.

Indonesia sebagai negara kepulauan, memiliki beragam nama daerahnya. Dari sekian banyak nama daerah, terdapat sejumlah daerah yang namanya lucu dan unik. Berikut deretan nama daerah yang lucu dan unik di Indonesia.

1.Fakfak

Fakfak adalah salah satu daerah yang berada di Provinsi Papua Barat. Nama daerah ini dianggap lucu dan unik karena nama Fakfak dianggap dengan umpatan bahasa asing yang berkonotasi negatif. Dilansir dari kemenag.go.id, nama Fakfak berasal dari kata PakPak yang memiliki arti batu kotak-kotak yang bertumpuk.

2. Baubau

Nama daerah yang lucu dan unik di Indonesia selanjutnya adalah Baubau. Meskipun bernama Baubau, daerah ini tidak bau kok. Baubau terletak di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara, merupakan kota modern yang dikelilingi benteng terbesar di dunia. Nama Baubau diambil dari sejarah kerajaan Buton (Wolio), yang mana para bangsawan memiliki gelar Bau di depan nama mereka sebagai tanda kebangsawanan. Maka dari itu, daerah ini disebut Baubau.

3. Wangi-Wangi

Setelah Baubau, ada pula daerah yang bernama Wangi-Wangi. Wangi-Wangi merupakan Ibu kota Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Wangi-Wangi merupakan gerbang utama untuk memasuki Kabupaten Wakatobi.

4. Pesing

Pesing adalah sebuah nama desa yang terletak di distrik Purwoasri, Kediri, Jawa Timur. Dulunya desa ini adalah kawasan pabrik gula di Purwoasri. Para pekerja mengangkat tebu dengan menggunakan sapi, sehingga wilayah ini dulunya memang berbau tidak sedap.

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini