get app
inews
Aa
Read Next : 8 Terdakwa Korupsi Tambang Nikel Antam Blok Mandiodo Divonis Bersalah di Pengadilan Tipikor Jakarta

13 Cara Atasi Sakit Perut saat Haid, Nomor 5 Hindari Minum Kopi Berkafein Tinggi

Kamis, 08 September 2022 | 12:01 WIB
header img
cara mengatasi sakit perut saat haid. (foto: ilustrasi/istimewa)

10. Cobalah terapi pijat

Satu studi menemukan bahwa terapi pijat secara signifikan mengurangi nyeri haid pada wanita dengan endometriosis. Pijat dapat mengurangi kejang rahim dengan merelaksasi rahim. 

Untuk mengatasi kram menstruasi secara efektif, terapi pijat harus fokus pada area perut. Tetapi pijat seluruh tubuh yang mengurangi stres secara keseluruhan juga dapat membantu meredakan kram menstruasi.

11. Minum obat bebas (OTC)

Hormon prostaglandin dapat menyebabkan kontraksi otot dan nyeri. Obat anti-inflamasi seperti ibuprofen dapat memberikan bantuan cepat dengan mengurangi jumlah prostaglandin dalam tubuh. Untuk hasil terbaik, hanya minum obat bebas saat mulai merasakan kram.

12. Coba pengobatan alternatif

Beberapa orang merasa lega dengan praktik pengobatan alternatif seperti akupunktur dan akupresur. Akupunktur adalah praktik yang merangsang tubuh dengan menempatkan jarum di kulit. Akupresur merangsang tubuh tanpa jarum dengan memberi tekanan pada titik-titik tubuh tertentu. Latihan-latihan ini dapat membantu tubuh rileks, melepaskan ketegangan otot dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

13. Mulai kontrasepsi hormonal

Kontrol kelahiran dapat menghentikan nyeri haid jika kram disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon. Menyeimbangkan kadar estrogen dan progesteron membantu mengencerkan lapisan rahim sehingga lebih mudah luruh. Kontrol kelahiran hormonal juga mengatur panjang dan frekuensi menstruasi.  Beberapa bentuk kontrasepsi dapat sepenuhnya meredakan kram menstruasi dengan menghentikan menstruasi sama sekali. 

Bicaralah dengan OB-GYN tentang pilihan pengendalian kelahiran, termasuk pil, suntikan KB atau IUD hormonal . Kemudian, dapat memilih jenis alat kontrasepsi yang paling sesuai untuk tubuh.

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Berita iNews Kendari di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut