get app
inews
Aa Read Next : Berikut Nama 45 Calon Terpilih Anggota DPRD Provinsi Hasil Pemilu 2024 yang Ditetapkan KPU Sultra

13 Cara Atasi Sakit Perut saat Haid, Nomor 5 Hindari Minum Kopi Berkafein Tinggi

Kamis, 08 September 2022 | 12:01 WIB
header img
cara mengatasi sakit perut saat haid. (foto: ilustrasi/istimewa)

KENDARI, iNewsKendari.id - Cara atasi sakit perut saat haid bisa dilakukan dengan banyak cara. Ini memang menjadi masalah yang umum dialami  kaum perempuan. 

Nyeri haid bisa berarti sakit kepala atau ketidaknyamanan umum, rasa sakit biasanya disebabkan oleh kram menstruasi. Hal ini terjadi ketika rahim berkontraksi untuk melepaskan lapisan rahim. 

Kram menstruasi dapat menyebabkan rasa sakit di perut, punggung bawah, selangkangan atau paha atas.

Cara Atasi Sakit Perut saat Haid

1. Minum lebih banyak air

Kembung dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan memperburuk kram menstruasi. Minum air dapat mengurangi kembung selama periode haid dan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkannya. 

Sebaiknya minum air yang telah dipanaskan karena dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh Anda dan mengendurkan otot-otot. Ini juga dapat mengurangi kram yang disebabkan oleh kontraksi rahim.

2. Nikmati teh herbal

Teh herbal memiliki sifat anti-inflamasi dan senyawa antispasmodik yang dapat mengurangi kejang otot di rahim yang menyebabkan kram. Minum teh chamomile, adas atau jahe adalah cara alami yang mudah untuk meredakan kram menstruasi. Tak hanya itu teh herbal dapat memiliki manfaat lain seperti menghilangkan stres dan membantu mengatasi insomnia.

3. Perbanyak makanan anti inflamasi

Beberapa makanan dapat memberikan bantuan alami untuk kram, salah satunya dengan memperbabnyak konsumsi makanan yang mengandung anti-inflamasi. Karena hal itu dapat membantu meningkatkan aliran darah dan mengendurkan rahim. 

Cobalah makan buah beri, tomat, nanas, dan rempah-rempah seperti kunyit, jahe, atau bawang putih. Sayuran berdaun hijau, almond, walnut, dan ikan berlemak, seperti salmon, juga dapat membantu mengurangi peradangan.

4. Kurangi konsumsi tinggi gula

Makanan ringan seperti brownies atau kentang goreng mungkin terdengar lezat akan tetapi makanan yang tinggi gula, lemak trans, dan garam dapat menyebabkan kembung dan peradangan. Hal ini tentu saja dapat memperburuk nyeri otot dan kram. Maka alternatifnya pilihlah makanan seperti pisang atau buah lain untuk melawan keinginan mengidam gula, atau pilih kacang tawar jika menginginkan sesuatu yang lebih gurih.

5. Minum kopi tanpa kafein

Kafein menyebabkan pembuluh darah menyempit. Ini dapat menyempitkan rahim sehingga membuat kram lebih menyakitkan. 

Jika membutuhkan kopi, beralihlah ke kopi tanpa kafein selama periode haid berlangsung. Atau bisa diganti dengan memakan camilan tinggi protein atau berjalan cepat 10 menit untuk meningkatkan energi.

6. Cobalah suplemen makanan

Vitamin D dapat membantu tubuh menyerap kalsium dan mengurangi peradangan. Suplemen lain, termasuk omega-3, vitamin E, dan magnesium, dapat membantu mengurangi peradangan dan bahkan membuat menstruasi tidak terlalu menyakitkan. 

Untuk hasil terbaik, konsumsi suplemen setiap hari, tidak hanya selama periode haid saja. Lalu perlu diingat karena beberapa suplemen berinteraksi dengan obat-obatan, pastikan untuk bertanya kepada dokter sebelum membeli sesuatu yang baru.

7. Terapkan panas

Sedikit panas dapat membantu otot rileks, meningkatkan aliran darah dan meredakan ketegangan. Cobalah duduk dengan bantal pemanas, mandi air panas atau bersantai di bak mandi air panas.

8. Olahraga

Jika perut mengalami kesakitan akibat haid, langkah yang perlu dilakukan adalah perbanyak olahraga. Karena dengan olahraga ringan dapat melepaskan endorfin yang membuat merasa bahagia, mengurangi rasa sakit dan mengendurkan otot-otot. Olharaga yang bisa dilakukan diantaranya ada lima belas menit yoga, peregangan ringan, atau jalan kaki. 

9. Kurangi stres

Stres dapat memperburuk kram. Gunakan teknik penghilang stres seperti meditasi, pernapasan dalam, yoga, atau cara favorit sendiri untuk menghilangkan stres. Jika tidak yakin bagaimana menghilangkan stres, cobalah imajinasi terpandu. 

Cukup tutup mata, ambil napas dalam-dalam dan bayangkan tempat yang tenang dan aman. Tetap fokus pada ruang ini setidaknya selama beberapa menit sambil menarik napas dalam-dalam.

10. Cobalah terapi pijat

Satu studi menemukan bahwa terapi pijat secara signifikan mengurangi nyeri haid pada wanita dengan endometriosis. Pijat dapat mengurangi kejang rahim dengan merelaksasi rahim. 

Untuk mengatasi kram menstruasi secara efektif, terapi pijat harus fokus pada area perut. Tetapi pijat seluruh tubuh yang mengurangi stres secara keseluruhan juga dapat membantu meredakan kram menstruasi.

11. Minum obat bebas (OTC)

Hormon prostaglandin dapat menyebabkan kontraksi otot dan nyeri. Obat anti-inflamasi seperti ibuprofen dapat memberikan bantuan cepat dengan mengurangi jumlah prostaglandin dalam tubuh. Untuk hasil terbaik, hanya minum obat bebas saat mulai merasakan kram.

12. Coba pengobatan alternatif

Beberapa orang merasa lega dengan praktik pengobatan alternatif seperti akupunktur dan akupresur. Akupunktur adalah praktik yang merangsang tubuh dengan menempatkan jarum di kulit. Akupresur merangsang tubuh tanpa jarum dengan memberi tekanan pada titik-titik tubuh tertentu. Latihan-latihan ini dapat membantu tubuh rileks, melepaskan ketegangan otot dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

13. Mulai kontrasepsi hormonal

Kontrol kelahiran dapat menghentikan nyeri haid jika kram disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon. Menyeimbangkan kadar estrogen dan progesteron membantu mengencerkan lapisan rahim sehingga lebih mudah luruh. Kontrol kelahiran hormonal juga mengatur panjang dan frekuensi menstruasi.  Beberapa bentuk kontrasepsi dapat sepenuhnya meredakan kram menstruasi dengan menghentikan menstruasi sama sekali. 

Bicaralah dengan OB-GYN tentang pilihan pengendalian kelahiran, termasuk pil, suntikan KB atau IUD hormonal . Kemudian, dapat memilih jenis alat kontrasepsi yang paling sesuai untuk tubuh.

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Berita iNews Kendari di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut