13 Cara Atasi Sakit Perut saat Haid, Nomor 5 Hindari Minum Kopi Berkafein Tinggi

Laras Dwi Sasmita
.
Kamis, 08 September 2022 | 12:01 WIB
cara mengatasi sakit perut saat haid. (foto: ilustrasi/istimewa)

KENDARI, iNewsKendari.id - Cara atasi sakit perut saat haid bisa dilakukan dengan banyak cara. Ini memang menjadi masalah yang umum dialami  kaum perempuan. 

Nyeri haid bisa berarti sakit kepala atau ketidaknyamanan umum, rasa sakit biasanya disebabkan oleh kram menstruasi. Hal ini terjadi ketika rahim berkontraksi untuk melepaskan lapisan rahim. 

Kram menstruasi dapat menyebabkan rasa sakit di perut, punggung bawah, selangkangan atau paha atas.

Cara Atasi Sakit Perut saat Haid

1. Minum lebih banyak air

Kembung dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan memperburuk kram menstruasi. Minum air dapat mengurangi kembung selama periode haid dan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkannya. 

Sebaiknya minum air yang telah dipanaskan karena dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh Anda dan mengendurkan otot-otot. Ini juga dapat mengurangi kram yang disebabkan oleh kontraksi rahim.

2. Nikmati teh herbal

Teh herbal memiliki sifat anti-inflamasi dan senyawa antispasmodik yang dapat mengurangi kejang otot di rahim yang menyebabkan kram. Minum teh chamomile, adas atau jahe adalah cara alami yang mudah untuk meredakan kram menstruasi. Tak hanya itu teh herbal dapat memiliki manfaat lain seperti menghilangkan stres dan membantu mengatasi insomnia.

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini