get app
inews
Aa
Read Next : 8 Terdakwa Korupsi Tambang Nikel Antam Blok Mandiodo Divonis Bersalah di Pengadilan Tipikor Jakarta

13 Cara Atasi Sakit Perut saat Haid, Nomor 5 Hindari Minum Kopi Berkafein Tinggi

Kamis, 08 September 2022 | 12:01 WIB
header img
cara mengatasi sakit perut saat haid. (foto: ilustrasi/istimewa)

3. Perbanyak makanan anti inflamasi

Beberapa makanan dapat memberikan bantuan alami untuk kram, salah satunya dengan memperbabnyak konsumsi makanan yang mengandung anti-inflamasi. Karena hal itu dapat membantu meningkatkan aliran darah dan mengendurkan rahim. 

Cobalah makan buah beri, tomat, nanas, dan rempah-rempah seperti kunyit, jahe, atau bawang putih. Sayuran berdaun hijau, almond, walnut, dan ikan berlemak, seperti salmon, juga dapat membantu mengurangi peradangan.

4. Kurangi konsumsi tinggi gula

Makanan ringan seperti brownies atau kentang goreng mungkin terdengar lezat akan tetapi makanan yang tinggi gula, lemak trans, dan garam dapat menyebabkan kembung dan peradangan. Hal ini tentu saja dapat memperburuk nyeri otot dan kram. Maka alternatifnya pilihlah makanan seperti pisang atau buah lain untuk melawan keinginan mengidam gula, atau pilih kacang tawar jika menginginkan sesuatu yang lebih gurih.

5. Minum kopi tanpa kafein

Kafein menyebabkan pembuluh darah menyempit. Ini dapat menyempitkan rahim sehingga membuat kram lebih menyakitkan. 

Jika membutuhkan kopi, beralihlah ke kopi tanpa kafein selama periode haid berlangsung. Atau bisa diganti dengan memakan camilan tinggi protein atau berjalan cepat 10 menit untuk meningkatkan energi.

6. Cobalah suplemen makanan

Vitamin D dapat membantu tubuh menyerap kalsium dan mengurangi peradangan. Suplemen lain, termasuk omega-3, vitamin E, dan magnesium, dapat membantu mengurangi peradangan dan bahkan membuat menstruasi tidak terlalu menyakitkan. 

Untuk hasil terbaik, konsumsi suplemen setiap hari, tidak hanya selama periode haid saja. Lalu perlu diingat karena beberapa suplemen berinteraksi dengan obat-obatan, pastikan untuk bertanya kepada dokter sebelum membeli sesuatu yang baru.

7. Terapkan panas

Sedikit panas dapat membantu otot rileks, meningkatkan aliran darah dan meredakan ketegangan. Cobalah duduk dengan bantal pemanas, mandi air panas atau bersantai di bak mandi air panas.

8. Olahraga

Jika perut mengalami kesakitan akibat haid, langkah yang perlu dilakukan adalah perbanyak olahraga. Karena dengan olahraga ringan dapat melepaskan endorfin yang membuat merasa bahagia, mengurangi rasa sakit dan mengendurkan otot-otot. Olharaga yang bisa dilakukan diantaranya ada lima belas menit yoga, peregangan ringan, atau jalan kaki. 

9. Kurangi stres

Stres dapat memperburuk kram. Gunakan teknik penghilang stres seperti meditasi, pernapasan dalam, yoga, atau cara favorit sendiri untuk menghilangkan stres. Jika tidak yakin bagaimana menghilangkan stres, cobalah imajinasi terpandu. 

Cukup tutup mata, ambil napas dalam-dalam dan bayangkan tempat yang tenang dan aman. Tetap fokus pada ruang ini setidaknya selama beberapa menit sambil menarik napas dalam-dalam.

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Berita iNews Kendari di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut