get app
inews
Aa Read Next : Pj Gubernur Sultra Lantik Yusmin sebagai Pj Bupati Kolaka Utara

Pemprov Sultra Terima Anugerah Merdeka Belajar Dari Kemendikbudristek

Jum'at, 05 Juli 2024 | 23:49 WIB
header img
Pemprov Sultra Terima Anugerah Merdeka Belajar Dari Kemendikbudristek. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsKendari.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra), menerima Anugerah Merdeka Belajar tahun 2024 dari Kemendikbud Ristek kategori "Transformasi Anggaran Pendidikan"

Indikator utama yang menjadi penilaiam oleh Kemendikbudristek adalah menyangkut pemenuhan alokasi penganggaran didalam APBD murni dan alokasi pemenuhan Surat Pelayanan Minimal (SPM) dibidang Pendidikan.

Penganugerahan tersebut diberikan pada Malam Puncak Anugerah Merdeka Belajar, yang diselenggarakan di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, Jumat (5/7/2024).

Dalam sambutannya, Mendikbudristek Nadiem Makarim mengucapkan selamat kepada para Kepala Daerah yang memperoleh Anugerah Merdeka Belajar.

"Selamat kepada para Kepala Daerah yang memperoleh penghargaan. Anugerah Merdeka Belajar, ini adalah apresiasi kepada Pemerintah Daerah yang telah mewujudkan transformasi Sistem Merdeka Belajar," ucapnya.

Lebih lanjut Nadiem menyampaikan bahwa, karakteristik Sekolah Merdeka Belajar yakni pembelajaran berpusat pada Peserta Didik, sekolah diharapkan memiliki iklim inklusif, aman, dan kebhinekaan, guru gemar belajar dan berkolaborasi, serta Kepala Sekolah mengedepankan perkembangan satuan pendidikan yang berkelanjutan.

"Iklim perubahan transformasi merdeka belajar sudah mulai terlihat di banyak lini satuan pendidikan, hal ini harus menjadi gerakan masyarakat yang masif. Semoga Anugerah malam ini dapat dijadikan sebagai pengingat bahwa transformasi pendidikan Indonesia baru dimulai," harap Nadiem.

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas (Kadis) Pendidika dab Kebudayaan (Dikbud) Yusmin,  ditemui di sela sela acara mengatakan bahwa Pemprov Sultra dinilai berhasil memanfaatkan anggaran pendidikan dengan efektif, sehingga dinilai mampu meningkatkan kualitas pendidikan di daerah.

Yusmin menambahkan bahwa telah melaksanakan program Merdeka Belajar di Sultra, dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan untuk mencapai generasi emas pada masa yang akan datang.

"Kami juga telah melakukan berbagai upaya seperti pemenuhan layanan sarana prasarana pendidikan sesuai kompetensi kewenangannya dalam bidang pendidikan menengah. Selain itu, yang lebih utama adalah penyediaan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pendidikan, baik tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan," ungkap Yusmin.

Editor : Asdar Zuula

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut