get app
inews
Aa Read Next : Pj Gubernur Sultra Motivasi Aparatur Pemprov Saat Upacara HUT ke-60 Provinsi Sulawesi Tenggara

Optimalkan Kesiapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Pemprov Sultra Gelar Rakor

Rabu, 27 Maret 2024 | 15:39 WIB
header img
Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto, memimpin Rapat Koordinasi Kesiapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H di Ruang Pola Kantor Gubernur, Rabu (27/3/2024). (Foto: Istimewa)

KENDARI, iNewsKendari.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) kesiapan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, di Ruang Pola Kantor Gubernur, Rabu (27/3/2024).

Menurut Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto, rakor ini digelar dalam rangka mewujudkan kondisi yang diharapkan menjelang, pada saat dan pasca Hari Raya Idul Fitri 1445 H di Sultra, sehingga berjalan aman, nyaman, lancar, dan kondusif.

"Fokus kita adalah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat menjelang, pada saat dan pasca Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah," kata Andap, saat memberikan arahan.

Pembahasan pada rakor terfokus pada 3 hal yakni, Pertama, pengendalian inflasi meliputi ketersediaan pasokan Bapok (Bahan Pokok), kelancaran distribusi, keterjangkauan harga, dan termasuk ketersediaan BBM serta pasokan listrik.

Kedua, transportasi dan keamanan. Pastikan ketersediaan angkutan, harganya sesuai dengan Tuslah, Trantibumlinmas terjaga, tidak ada calo serta minimalisir terjadinya tindak pidana dan kecelakaan lalu lintas.

Ketiga, kesiapan operasional, meliputi pelayanan kesehatan di RSU dan Puskesmas, kunjungan terhadap destinasi wisata, pemadam kebakaran, kesiapan penanggulangan bencana apabila terjadi kedaruratan serta kesiapan para Petugasnya.

Andap berharap, agar tindak pidana dan jumlah kecelakaan lantas dapat diminimalisir serta kemacetan pada perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H dapat dikelola dengan baik.

"Melihat data tahun lalu, terjadi kenaikan pemudik pada arus balik di terminal, masih adanya tindak kejahatan yang mewarnai dan adanya kecelakaan lalu lintas dengan 19 korban wafat. Kita harapkan angka - angka ini dapat diminimalisir sekecil mungkin dan juga dapat dikelola dengan baik mitigasi risikonya," harapnya.

Editor : Asdar Zuula

Follow Berita iNews Kendari di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut