get app
inews
Aa Read Next : Angka Inflasi Sultra Terkendali Pasca Idul Fitri 1445 H di Bawah Angka Inflasi Nasional

Langkah Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto Mitigasi Bencana Banjir

Sabtu, 16 Maret 2024 | 03:06 WIB
header img
Langkah Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto Mitigasi Bencana Banjir. (Foto: Istimewa)

KENDARI, iNewsKendari.id - Pj Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto, melakukan mitigasi bencana banjir, berkoordinasi dengan Kepala Stasiun Meteorologi Sultra, Sugeng Widarko, dan Kepala Stasiun Klimatologi, Aris Yunatas, Jumat (15/3/2024).

Dalam koordinasi itu diketahui beberapa informasi penting bahwa pertama, tinggi gelombang pada beberapa perairan dipengaruhi peningkatan kecepatan angin akibat bibit siklon tropis.

Kedua, fenomena Super New Moon atau fase bulan baru bersamaan dengan Perigee ( jarak terdekat bulan ke bumi) akan memberikan dampak pada peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum, sehingga berpotensi terjadinya banjir rob di wilayah pesisir Sultra.

Ketiga, dari peta Streamline, menunjukkan bahwa di Sultra, terdapat fenomena belokan angin (Shearline) dan pertemuan dua massa udara (Konvergensi) yang bisa memicu potensi hujan lebat, disertai angin kencang dan guntur.

Dari beberapa informasi penting ini, Andap berharap, mitigasi bencana banjir harus menjadi perhatian bersama pada semua daerah di Sultra, dengan melakukan kesiapan dini dan langkah antisipasi.

"Para Nelayan diimbau agar memperhatikan info  dan prakiraan yang disampaikan MKG Sultra, termasuk yang bertempat tinggal dan beraktivitas di wilayah pesisir agar selalu waspada," imbau Andap.

Editor : Asdar Zuula

Follow Berita iNews Kendari di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut