get app
inews
Aa Read Next : Gempa Bumi Magnitudo 6,5 Guncang Garut dan Daerah Sekitarnya, Warga Terbangun Panik

Berkunjung ke Lawa, Calon Bupati Mubar La Ode Darwin Disambut Ratusan Warga

Selasa, 31 Oktober 2023 | 21:06 WIB
header img
Bakal Calon Bupati Muna Barat La Ode Darwin bersama istri Rikha Purwaningsih Darwin diarak menggunakan kuda saat temu warga di Desa Latugho Kecamatan Lawa, Minggu (29/10/2023). (Foto: Istimewa)

MUNA BARAT, iNewsKendari.id - Ratusan warga Desa Latugho Kecamatan Lawa, sambut kedatangan Bakal Calon Bupati (Cabup) Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra), La Ode Darwin, Minggu (29/10/2023). 

Warga sengaja menghentikan kendaraan yang ditumpangi Darwin bersama Istrinya, Rhika Purnawaningsih Darwin kurang lebih 100 meter dari lokasi pertemuan, untuk menunggangi dua kuda yang sudah disedikan menuju lokasi kegiatan.

Kuda, merupakan hewan sangat berharga di Kabupaten Muna maupun Muna Barat, sebab telah menjadi simbol budaya daerah tersebut. Kuda juga sering digunakan pada pagelaran budaya Pogiraha atau perkelahian kuda di Muna dan Mubar. 

Darwin, juga disambut Ewa Wuna atau Silat Muna, seni bela diri yang dikembangkan dari generasi ke generasi menjadi bagian seni tari. 

Seperti pada pertemuan sebelumnya, Darwin menyampaikan beberapa program unggulan di depan masyarakat. Jika terpilih menjadi Bupati, Darwin akan memaksimalkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki Mubar, yakni pertanian, perikanan, peternakan, dan pariwisata.

"Maka ke depan anggaran itu kita akan maksimalkan pada sektor pertanian, peternakan, perikanan. Untuk pariwisata kita akan porsikan (anggaran) sedikit dibanding dengan pertanian, perikanan, dan peternakan," kata Darwin

Menurut Darwin, hasil pertanian, peternakan, dan perikanan akan dipasarkan pemerintah dengan beberapa cara. Salah satunya, membangun pabrik atau dibeli pemerintah daerah melalui perusahaan daerah.

"Kita tinggal carikan investor untuk membangun pabriknya. Pabrik yang dibangun ini juga bisa menambah lapangan pekerjaan," ujar pria 38 tahun ini.

Darwin, juga akan fokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) berdaya saing tinggi di sektor kesehatan dan pendidikan.

Bidang pendidikan, memaksimalkan sekolah gratis hingga tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), dan akan membangun universitas berkualitas di Muna Barat.

Sektor kesehatan, Darwin akan intens melakukan pemeriksaan kesehatan gratis dan pengobatan gratis setiap bulan di lapangan, serta mendorong gerakan masyarakat hidup sehat.

"Masyarakat itu kadang malas melakukan pemeriksaan kesehatan ke rumah sakit. Untuk itu kita lakukan di lapangan terbuka setiap bulan. Mungkin kita sambil senam," imbuhnya.

Pemberdayaan perempuan, juga akan menjadi fokus Darwin setelah terpilih menjadi Bupati Muna Barat. Sebab, ia menilai, kelompok perempuan memiliki potensi untuk berkembang yang dapat meningkatkan perekonomian atau kesejahteraan keluarga.

"Perempuan harus diberdayakan agar mampu berkontribusi, paling tidak terhadap perekenomian rumah tangga," katanya. 

Harapan Darwin, pemberdayaan perempuan bisa berkontribusi secara maksimal pada perekonomian dan pembangunan daerah.

"Nantinya para ibu-ibu, kita akan latih agar memiliki keahlian dan kemampuan untuk mengelola industri rumahan. Misalnya, pelatihan pembuatan kripik ubi, pop corn, dan lain sebagainya," ujarnya.

Penjualannya kata Darwin, akan dibantu pemerintah. Sehingga kerajinan yang mereka hasilkan dijual dengan harga yang layak.

Darwin mengungkapkan, saat ini istrinya mulai mengoordinasi para ibu-ibu rumah tangga yang mau dilatih untuk mendapatkan keahlian mengelola industri rumahan.

Editor : Asdar Zuula

Follow Berita iNews Kendari di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut