get app
inews
Aa Read Next : Persetubuhan Anak Dibawah Umur di Kolaka Utara, Pelaku Mendadak Sakit saat Diperiksa Polisi

Benda Prasejarah Peti Penyimpanan Mayat Berusia Ribuan Tahun Ditemukan di Kolaka Utara

Selasa, 01 Agustus 2023 | 17:25 WIB
header img
Benda- benda prasejarah berupa peti penyimpanan mayat biasa disebut soronga berusia ribuan tahun ditemukan  masyarakat di Desa Bangsala, Kecamatan Porehu. Foto: Ist

KOLAKA UTARA, iNewsKendari.id - Benda- benda prasejarah peti penyimpanan mayat biasa disebut soronga berusia ribuan tahun ditemukan  masyarakat di Desa Bangsala, Kecamatan Porehu, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) Sulawesi Tenggara (Sultra). 

Benda-benda peninggalan tersebut termasuk peti penyimpanan mayat yang disebut soronga (dalam bahasa Tolaki), uang koin perak, batu untuk membuat pakaian (watu ike), dan gelang kuningan. Tampak pula di antaranya terdapat uang koin pasca sejarah bertuliskan "Holandia" yang dicetak pada tahun 1.734 silam.

Sadaruddin, Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan Kolut, menjelaskan bahwa batu ike digunakan oleh orang-orang pada masa lampau untuk membuat pakaian dari kulit kayu dengan cara dipukul-pukul. Berdasarkan sejarah, batu tersebut sering digunakan oleh manusia sekitar tahun 2.500 sebelum Masehi.

"Jika merujuk dari batu itu, tentu tergolong dalam peradaban yang cukup tua karena masih menggunakan pakaian dari kulit kayu. Untuk menentukan usia masing-masing benda, perlu diuji terlebih dahulu melalui laboratorium," ujarnya pada Selasa (1/8/2023).

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Kendari di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut