get app
inews
Aa Read Next : Mobil Dinas SDA dan Bina Marga Sultra Terbakar Saat Perjalanan Kunjungan Kerja di Buteng

Perjalanan Evolusi Logo Twitter, Dari Larry Bird hingga X Masa Depan

Sabtu, 29 Juli 2023 | 16:07 WIB
header img
Perjalanan Evolusi Logo Twitter, Dari Larry Bird hingga X Masa Depan. (Foto: Istimewa?

JAKARTA, iNewsKendari.id - Sedang ramai diperbincangkan mengenai sejarah logo Twitter setelah perubahan desain baru diumumkan oleh Elon Musk, pemilik platform media sosial tersebut.

Pada unggahannya, pemilik Twitter yang baru mengumumkan perubahan logo dari burung biru yang dikenal sebagai ‘Larry Bird’ menjadi huruf ‘X’.

Logo terbaru menggunakan warna putih dengan latar belakang hitam, yang sangat berbeda dari sebelumnya. Perubahan ini menarik perhatian banyak warganet, mengingat Twitter selama ini sangat identik dengan burung biru, sehingga keduanya menjadi dua hal yang tak terpisahkan.

Elon Musk memutuskan untuk mengubah logo yang telah sangat ikonik tersebut. Jika kita melihat ke belakang, logo Twitter telah mengalami beberapa pergantian sejak didirikan.

Berikut adalah sejarah logo Twitter dari masa ke masa yang patut untuk diketahui:

Logo Twitter saat masih dalam tahap pengembangan (2005-2006)

Meskipun versi logo tersebut tidak pernah digunakan pada produk publik, logo di atas digunakan sebagai representasi program ketika dalam tahap perancangan dan pengembangan.

Logo Twitter saat masih dikembangkan menampilkan palet warna hijau tua dan hijau muda dengan tampilan yang seolah berlendir dan tertutup tetesan embun. Desain ini sangat berbeda dengan logo Twitter pada saat awal peluncurannya.

Logo Twitter 2006-2010

Pada tahun 2006, Twitter resmi mengenalkan logo yang akan dipamerkan di publik. Logo tersebut berupa wordmark sederhana dengan font sans-serif, menampilkan spasi tipe bulat dengan huruf kapital kecil tanpa jarak di antara keduanya.

Selain itu, palet warna logo tersebut juga mengalami perubahan total. Penggunaan warna biru dipilih karena melambangkan kepercayaan, integritas, dan ketenangan menurut ilmu psikologi warna.

Logo Twitter 2010-2012

Pembaruan besar selanjutnya pada logo Twitter adalah dengan menyertakan gambar burung bersamaan dengan tulisan merek. Desain burung tersebut lebih minimalis dengan bentuk mata, alis, dan cakar yang disederhanakan.

Yang menarik, burung biru tersebut awalnya dibeli dari situs penjualan foto online dengan harga hanya USD15. Karena penggunaan logo hewan tersebut, unggahan di Twitter disebut sebagai 'tweet'.

Logo Twitter 2012-2023

Pada tahun 2012, Twitter mempertimbangkan penyegaran citra merek agar lebih sederhana. Twitter sudah sangat terkenal sebagai platform media sosial terkemuka di seluruh dunia, sehingga tak lagi memerlukan penulisan merek di dalam logonya.

Hasilnya, versi final logo Twitter dibuat dengan menghilangkan tulisan perusahaan dan hanya menampilkan maskotnya. Warna burung birunya diubah menjadi lebih gelap agar tampil lebih menonjol pada latar belakang putih, dan bulu di bagian kepala burung dihilangkan untuk menyederhanakan tampilan logo.

Pada akhirnya, nama burung diubah dari 'Larry Bird' menjadi 'Twitter Bird' yang melambangkan kegembiraan dan kebebasan dalam berkomunikasi. Saat diluncurkan, Twitter menyatakan bahwa tidak akan ada perubahan pada logo ini untuk waktu yang lama.

Logo Twitter saat ini

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Twitter telah mengganti logonya menjadi huruf 'X' sejak tanggal 23 Juli 2023. Huruf tersebut terdiri dari satu garis dan satu jajar genjang yang saling menyilang.

"X adalah keadaan masa depan dari interaktivitas tanpa batas – berpusat pada audio, video, perpesanan, pembayaran/perbankan – menciptakan pasar global untuk ide, barang, layanan, dan peluang. Didukung oleh AI, X akan menghubungkan kita semua dengan cara yang baru mulai kita bayangkan," cuit Linda Yaccarino, CEO Twitter, dikutip pada Rabu (26/7/2023).

Editor : Asdar Zuula

Follow Berita iNews Kendari di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut