get app
inews
Aa
Read Next : 8 Terdakwa Korupsi Tambang Nikel Antam Blok Mandiodo Divonis Bersalah di Pengadilan Tipikor Jakarta

Anggota Komisi VII DPR RI, Rusda Mahmud Tinjau Pemasangan Listrik Gratis di Kolaka Utara

Jum'at, 23 Desember 2022 | 23:05 WIB
header img
Anggota Komisi VII DPR RI, Rusda Mahmud meninjau Bantuan Pemasangan Baru Listrik (BPBL) di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Jumat (23/12/2022) siang. (Foto Israil Yanas)

KOLAKA UTARA, iNewsKendari.id - Anggota Komisi VII DPR RI, Rusda Mahmud meninjau Bantuan Pemasangan Baru Listrik (BPBL) di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Jumat (23/12/2022) siang.

Bantuan Pemasangan Baru Listrik menyasar 1.046 rumah tangga miskin di Sultra, 362 diantaranya di Kolaka Utara. Di tahun 2023 mendatang, PLN merencanakan pemasangan listrik gratis menyasar 5.000 rumah se-Sultra.

Menurut Rusda Mahmud, kuota 362 pemasangan baru listrik di Kolaka Utara, tersebar pada 12 desa dari permintaan awal 1.400 sambungan.

"Warga Kolut sebenarnya rugi, akibat Kades (Kepala Desa) di beberapa desa tidak memberikan data warganya yang belum memiliki aliran listrik," ungkap Rusda Mahmud dari Partai Demokrat ini. 

Anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sultra ini, akan mengupayakan kuota BPBL 800 sambungan baru untuk rumah tangga misin di Kolut pada tahun 2023.

Namun Rusda Mahmud menyebut, hasil peninjauan lapangan dan laporan warga, masih ditemukan kendala pemasangan baru listrik pada beberapa desa, seperti belum adanya tiang listrik. Rusda berharap, pihak PLN segera menindak lanjuti persoalan ini,

"Masih banyak rumah yang tidak terjangkau aliran listrik dan proposal untuk pengadaan tenaga surya sudah diserahkan ke pihak PLN untuk ditindak Lanjuti ke Komisi IV DPR RI," kata mantan Bupati Kolut dua periode ini.

Editor : Asdar Zuula

Follow Berita iNews Kendari di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut