Makna Gelar Presiden Jokowi, La Ode Muhammad Joko Widodo Lakina Bhawaangi Yi Nusantara

Andhy Eba
.
Rabu, 28 September 2022 | 15:10 WIB
Presiden Joko Widodo mendapat penganugerahan gelar La Ode Muhammad Joko Widodo Lakina Bhawaangi Yi Nusantara dari Lembaga Adat Kesultanan Buton, Selasa (27/9/2022). (Foto Andhy Eba)

BAUBAU, iNewsKendari.id - Presiden Joko Widodo mendapat penganugerahan gelar La Ode Muhammad Joko Widodo Lakina Bhawaangi Yi Nusantara dari Lembaga Adat Kesultanan Buton.

Penganugerahan gelar ini, saat Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (27/9/2022).

Penobatan gelar untuk Presiden Jokowi ini dilakukan Sultan Buton ke-40, La Ode Muhammad Izat Manarfa, di Baruga Kesultanan Buton.

Penyematan gelar ditandai dengan pemberian katuko (tongkat) dan songkok maulana oleh Bontona Siompu, kepada Presiden Jokowi.

Dengan gelar tersebut, Jokowi resmi dinobatkan sebagai warga, kerabat serta sesepuh Kesultanan Buton.

"La Dde Muhammad Joko Widodo Lakina Bhawangi Yi Nusantara, sekaligus menyatakan menjadi warga kerabat dan sesepuh Kesultanan Buton," kata La Ode Muhammad Izat Manarfa.

Presiden Jokowi mengaku takjub dengan cara masyarakat Buton, dalam rangka berkepribadian dalam berkebudayaan.

"Meskipun budaya asing yang terus gerogoti budaya-budaya kita, tapi saya melihat adab, tradisi, kearifan lokal, tata krama tetap dipelihara dan dirawat di Kesultanan Buton dan tentu saja di Provinsi Sulawesi Tenggara," kata Jokowi setelah penganugerahan gelar.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini