6 Kapolda Metro Jaya Termuda, dari Widodo Budidarmo hingga Fadil Imran

Lutfan Faizi
.
Jum'at, 16 September 2022 | 16:38 WIB
Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran. (Foto Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Ada 6 Kapolda Metro Jaya termuda yang pernah menjabat. Polda Metro Jaya merupakan pelaksana tugas Kepolisian Negara Republik Indonesia di wilayah Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya.

Polda Metro Jaya, dipimpin oleh seorang Kepala Kepolisian Daerah berpangkat bintang dua (Inspektur Jenderal Polisi). Dalam riwayatnya, Polda Metro Jaya telah dipimpin sekitar 30-an Kapolda sepanjang sejarah.

Dari sekian banyak, terdapat beberapa diantaranya yang memiliki predikat sebagai Kapolda termuda jika mengacu pada tahun lahir dan pertama kali menjabat. Berikut deretan Kapolda Metro Jaya termuda saat menjabat :

1. Jenderal Polisi (Purn) Widodo Budidarmo

Jenderal Polisi (Purn) Widodo Budidarmo merupakan mantan Kapolri yang menjabat sekitar tahun 1974 hingga 1978. Dikenal sebagai Kapolri non-muslim pertama, pria kelahiran 1 September 1927 ini memiliki riwayat yang cukup mentereng di dunia kepolisian.

Dikutip dari pemberitaan sebelumnya, selepas menuntaskan jenjang pendidikan menengah, Widodo Budidarmo masuk ke Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK). Saat lulus, dia mengawali dinasnya di kepolisian sebagai Kepala Bagian Operasi (Kabagops) Polisi di Purwakart

Sebelum menjadi Kapolri, Jenderal Polisi (Purn) Widodo Budidarmo juga pernah menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya pada periode 1970 hingga 1974.

Jika mengacu pada tahun kelahirannya di 1927, dia menempati posisi Kapolda Metro Jaya pada usia sekitar 43 tahun. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu Kapolda Metro Jaya termuda sepanjang sejarah.

2. Jenderal Polisi (Purn) Anton Soedjarw

Home Peristiwa Perkotaan Indeks Home Peristiwa Halaman 2 Deretan Kapolda Metro Jaya Termuda Saat Menjabat, dari Widodo Budidarmo hingga Fadil Imran Lutfan Faizi Rabu, 14 September 2022 - 15:59 WIB A A A 2. Jenderal Polisi (Purn) Anton Soedjarwo Sama halnya dengan Jenderal Polisi Widodo Budidarmo, Anton Soedjarwo juga pernah menempati posisi sebagai Kapolri, yakni pada tahun 1982 hingga 1986.

Dikutip dari pemberitaan sebelumnya, pria kelahiran 21 September 1930 ini diketahui sebagai jebolan Sekolah Ranger Amerika Serikat tahun 1960. Dia pernah memimpin pasukan Ranger yang tergabung dalam RTP 1 tahun 1962 dalam Operasi Trikora.

Dalam kariernya di dunia kepolisian, sebelum menjadi Kapolri, Jenderal Polisi (Purn) Anton Soedjarwo juga pernah menempati posisi sebagai Kapolda Metro Jaya, tepatnya pada tahun 1978.

Jika mengacu pada tahun kelahirannya di 1930, Anton Soedjarwo menempati jabatan tersebut saat berusia 48 tahun.

3. Jenderal Polisi Dibyo Widodo

Jenderal Polisi Dibyo Widodo merupakan mantan Kapolda Metro Jaya periode 1995 hingga 1996. Selepas dari Polda Metro Jaya, pria kelahiran 26 Mei 1946 ini didaulat menjadi Kapolri periode 1996 hingga 1998.

Dikutip dari pemberitaan sebelumnya, Jenderal Dibyo memiliki catatan yang cukup bagus dalam kariernya di dunia kepolisian. Mengawali dinas sebagai Perwira Operasi di Komres 1012 Surabaya, dia juga pernah menjabat sebagai Irpolda Sumut, Wakapolda Nusa Tenggara, dan lainnya.

Jika mengacu pada tahun kelahirannya di 1946, Jenderal Polisi Dibyo Widodo menempati posisi sebagai Kapolda Metro Jaya pada usia sekitar 49 tahun.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini