Logo Network
Network

Sapi Kurban Hari Raya Iduladha 1443 H di Sultra 17 Ribu Ekor

Febriyono Tamenk
.
Rabu, 06 Juli 2022 | 10:55 WIB
Sapi Kurban Hari Raya Iduladha 1443 H di Sultra 17 Ribu Ekor
Sapi Kurban di Rumah Pemotongan Hewan Kendari. (Foto: Febriyono Tamenk)

KENDARI, iNews.id - Kebutuhan hewan kurban sapi di Sulawesi Tenggara (Sultra) pada hari raya Iduladha 1443 H, mencapai 7 ribu ekor.

Sementara data Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Sultra, ketersedian sapi untuk kurban pada hari raya Iduladha di 17 Kabupatem/Kota sudah mencapai 17 ribu ekor. 

Menurut Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Distanak Sultra, La Ode Muhammad Jabal, ketersediaan sapi untuk hewan kurban saat ini surplus 10 ribu ekor.

"Kalau ketersediaan kebutuhan daging kurban kita itu untuk sapi 17 ribu lebih, sementara untuk kebutuhan pemotongan kurban itu hanya berkisar 7 ribu lebih. Kalau dilihat dari 7 ribu lebih pemotongan berarti saya bisa pastikan itu tidak akan sampai 7 ribu, jadi kita kelebihan 10 ribu untuk sapi," ungkap La Ode Muhammad Jabal, di ruang kerjanya, Selasa (6/7/2022). 

Penanganan serta antisipasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang mewabah saat ini, Gugus Tugas bentukan Distanak Sultra, melakukan pemeriksaan kesehatan hewan secara menyeluruh sebelum pemotongan hewan kurban. Sejauh ini, belum ada ditemukan PMK pada hewan ternak di sulawesi tenggara. 

Editor : Asdar Zuula

Follow Berita iNews Kendari di Google News

Bagikan Artikel Ini