Pj Gubernur Sultra Lestarikan dan Promosikan Kuliner Khas Sultra Menjadi Kekuatan Ekonomi

Febriyono Tamenk
Pj Gubernur Sultra Lestarikan dan Promosikan Kuliner Khas Sultra Menjadi Kekuatan Ekonomi. (Foto: Istimewa)

KENDARI, iNewsKendari.id - Pj Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto, meninjau lomba kuliner khas daerah antar Kabupaten/Kota di Aula Bahteramas, Sabtu (27/4/2024).

Saat melakukan peninjauan, Pj Gubernur Sultra, Andap Budi Revianto, didampingi Wakil Ketua I DPRD Sultra, Sekda bersama Ketua Tim Penggerak PKK Sultra, dan Ibunda tercinta Nur Ainy.

Menurut Andap, kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-60 Sultra, yang diselenggarakan dalam rangka melestarikan dan sekaligus mempromosikan kuliner khas daerah dari 17 Kabupaten/Kota se-Sultra.

"Selain melestarikan kuliner khas daerah Kabupaten/Kota se-Sultra, acara ini juga bertujuan untuk mempromosikan kuliner lokal yang kemudian diolah menjadi makanan yang menarik, bergizi, serta akan bernilai ekonomis tinggi," ujar Andap.

Selanjutnya, Andap, mengarahkan para Peserta untuk menjadikan potensi keragaman kuliner khas Sultra yang nantinya menjadi kekuatan ekonomi berdampak positif kepada masyarakat.

“Kita harus belajar dari industri budaya Korea, sebagai contoh kita lebih mengenal makanan Toppoki, Bulgogi, Kimchi dibandingkan kuliner khas di sini seperti Sinonggi, Kasoami, Parende, dan Kambewe. Mari kita maksimalkan segala potensi sumber daya yang ada untuk menjadi kekuatan ekonomi yang berdampak positif bagi masyarakat,” ucap Andap.

"Setelah terpromosikan dengan baik, setelah itu kita produksi secara massal, tentu akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja yang akan menekan angka kemiskinan ekstrem dan tingkat penggangguran terbuka di Sultra," tambahnya.

Pj Gubernur juga berkesempatan meninjau meja yang menghidangkan sajian kuliner dari 17 Kabupaten/Kota. Jenis makanan yang disajikan, adalah :

1. Kota Kendari ( Juara 1 ) : Salad Pokea, Mie Sagu, Ika Pinalulo Mokoni, Tahu Dina Lulo, Pururundawa Warahah, Puding Wanggola Wua Naga, dan Teh Warakah Mendidoha;

2. Kabupaten Buton Utara ( Juara 2 ) : Perangi Patola, Sup Asam Manis Kena, Sansaru Owinkeu, Lapa-Lapa Wakawondu, Tamea Ini, Katawai Linulu, Pembulu Tinumesi, Srikaya Kastela, dan Jus Merah Putih;

Editor : Asdar Zuula

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network