get app
inews
Aa Read Next : Elfata Institute Diskusi Bersama SPKS Soal Potensi Sawit di Sultra

Bawaslu Sultra Awasi Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada Serentak 2024

Kamis, 27 Juni 2024 | 23:00 WIB
header img
Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Sultra, Bahari. (Foto: Istimewa)

KENDARI, iNewsKendari.id - Bawaslu Provinsi Sulawesi Tenggra (Sultra), siap mengawasi tahapan penyusunan dan pemutakhiran data pemilih  untuk Pemilihan Kepala Daera (Pilkada) serentak tahun 2024. Pengawasan pencocokan dan penelitian (Coklit) oleh petugas pantarlih dari KPU, akan berlangsung pada 24 Juni- 24 Juli 2024.

Anggota Bawaslu Sultra, Bahari, mengatakan telah membuka  2.524  Posko Aduan Masyarakat terkait pengawalan dan hak pilih yang tersebar di 17 Kabupaten/Kota Se Sultra.

Bahari merincikan, 18 Posko Aduan Masyarakat terletak di Bawaslu Provinsi Sulawesi Tenggara dan Bawaslu Kabupaten Kota, serta  221 Posko Aduan kawal hak pilih terletak di masing-masing kantor sekretariat Panwaslu Kecamatan.

Serta 2.285 Posko Aduan tersebar dirumah  masing Panwaslu Kelurahan/Desa Se Sulawesi Tenggara.

"Apa bila masyarakat terkendala terkait dengan hak pilih selama penyusunan daftar pemilih untuk pemilihan serentak tahun 2024 dapat menyampaikan aduan melalui posko kawal hak pilih di kantor maupun di media sosial jajaran Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota Se-Sultra," kata Bahari

Bahari, selaku Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Sultra, mengimbau kepada masyarakat, apa bila selama pelaksanaan Coklit menemukan adanya tidak taat prosesdur atau adanya dugaan pelanggaran, segera laporkan kepada jajaran Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kabupaten/Kota dan Panwaslu Kecamatan serta panwaslu Kelurahan/Desa setempat.

Tak hanya membuka posko aduan kawal hak pilih, Bahari juga menginstruksikan kepada jajaran Bawaslu Kabupaten/Kota se-Sultra, untuk serius mengawal proses Coklit, untuk Pilkada serentak tahun 2024 dengan sebaik mungkin demi mengawal hak pilih.

"Selain membuka posko aduan Masyarakat kawal hak pilih, Bawaslui Provinsi dan Jajaran bawaslu Kabupaten/Kota akan melakukan kegiatan Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih, selama masa tahapan Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih pada Pemilihan Tahun 2024," ujar Bahari.

Dalam melaksanakan kegiatan “Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih”, kata Bahari, Bawaslu Provinsi dan Jajaran Bawaslu Kabupaten/Kota dapat melibatkan Panwaslu Kecamatan

Sosialisasi kepada masyarakat mengenai kesadaran akan status hak pilihnya mulai dari tahapan coklit hingga pelaksanaan pemungutan suara. Sasaran masyarakat difokuskan kepada masyarakat yang rentan dalam kerawanan hak pilih.

"Secara langsung mendatangi pemilih rentan yang berpotensi terabaikan hak pilihnya dan berpotensi disalahgunakan hak pilihnya seperti pemilih disabilitas, masyarakat adat, pemilih yang telah meninggal dunia namun masuk dalam data atau daftar pemilih di KPU, pemilih yang berada di wilayah perbatasan, dan pemilih di wilayah rawan (konflik, bencana, dan relokasi Pembangunan," jelas Bahari.

Editor : Asdar Zuula

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut