get app
inews
Aa Read Next : Angka Inflasi Sultra Terkendali Pasca Idul Fitri 1445 H di Bawah Angka Inflasi Nasional

Peluncuran Halo Sultra 2024, Pj Gubernur: Jadikan Momentum Bangkitnya Seni Budaya

Minggu, 28 April 2024 | 00:26 WIB
header img
Peluncuran Halo Sultra 2024, Pj Gubernur: Jadikan Momentum Bangkitnya Seni Budaya. (Foto: Istimewa)

KENDARI, iNewsKendari.id - Peluncuran Halo Sultra 2024 digelar Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) di lapangan eks MTQ Kendari, Sabtu (27/4/2024) malam.

Malam ramah tamah dan peluncuran Halo Sultra 2024 merupakan rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60 Provinsi Sulawesi Tenggara.

Dalam acara ini, dipentaskan pagelaran seni budaya Sultra.

“Saya selaku Pj Gubernur Sultra berpandangan bahwa kebudayaan memiliki peran penting bukan hanya terkait identitas bangsa. Kebudayaan merupakan potensi ekonomi apabila dikelola dengan baik.” kata Pj Gubernur Sultra, Andap Budi Revianto.

Andap juga menyampaikan bahwa, perlunya data budaya, baik yang berwujud (tangible) dan tak berwujud (intangible) yang akan mengungkap potensi budaya di seluruh Sultra.

“Saya berharap penggalian dan pemanfaatan aset-aset budaya Sultra dapat menjadi kekuatan ekonomi Sultra,” ujar Andap.

"Saya yakin, pertumbuhan ekonomi yang ditopang sumber daya budaya memiliki beberapa kelebihan," imbuhnya.

Kelebihan pertumbuhan ekonomi yang ditopang sumber daya budaya menurut Andap, mampu menggerakkan ekonomi rakyat, sekaligus menguatkan karakter masyarakat di era digital dan percaturan ekonomi global.

“Di sisi lain, perkembangan industri yang berbasis budaya lebih berorientasi pada pemanfaatan lingkungan dengan bijak, tidak berorientasi pada eksploitasi lingkungan. Kebudayaan akan tumbuh subur ketika lingkungan hidup pun lestari,” jelas Andap.

Andap berharap, dengan menggelar atraksi seni budaya pada perayaan ke-60 tahun Provinsi Sulawesi Tenggara, menjadi ruang konsolidasi informal unsur Pimpinan pemerintahan dan berbagai elemen masyarakat.

“Malam budaya ini semoga menjadi arena kita untuk berurun rembuk pemikiran untuk merumuskan langkah demi kemajuan dan kesejahteraan Sultra,” kata Andap.

Pj Gubernur Sultra, Andap Budi Revianto berharap, peluncuran Halo Sultra 2024, menampilkan atraksi seni budaya lokal menjadi agenda tetap festival budaya tahunan Pemprov Sultra.

Dalam pandangan Andap, festival budaya merupakan media promosi pariwisata dan ekonomi kreatif Sultra di kancah nasional dan internasional.

“Melalui aktivitas kebudayaan yang dikemas dengan baik, saya yakin akan meningkatkan animo pergerakan wisatawan dalam dan luar negeri ke Sultra,” jelas Andap.

“Jalan kebudayaan adalah jalan perubahan. Terima kasih untuk seluruh pekerja seni Sultra. Terima kasih untuk seluruh rakyat Sultra atas sumbangsihnya selama 60 tahun Provinsi Sultra berdiri,” kata Andap, di akhir sambutannya.

Setelah itu, Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto meninjau stand Halo Sultra 2024 di lapangan eks MTQ Kendari. Terlihat, Andap mengunjungi stand Bank Sultra, OJK, BPS, Bulog, Kemenkumham, Dekranasda Kabupaten Konawe dan Konawe Utara, DPM PTSP, dan stand RS Bahteramas.

Malam ramah tamah dan peluncuran Halo Sultra 2024 di lapangan eks MTQ Kendari, dihadiri Ketua DPRD Sultra, Danrem 143/HO, Sekda beserta Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sultra, para Bupati/Wali Kota, Danlanud HO, Danlanal Kendari, Pimpinan K/L Sultra, Pimti Pratama Pemprov Sultra, dan segenap komponen dan lapisan Masyarakat.

Editor : Asdar Zuula

Follow Berita iNews Kendari di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut