get app
inews
Aa Read Next : Viral Video Casis Polres Baubau Nama Real Madrid, Warganet: Fiks Orang Tuanya Madrid Garis Keras

Beberapa Fakta Mbah Benu Viral Setelah Mengaku Menelepon Tuhan untuk Menentukan Lebaran 2024

Minggu, 07 April 2024 | 15:35 WIB
header img
Beberapa Fakta Mbah Benu Viral Setelah Mengaku Menelepon Tuhan untuk Menentukan Lebaran 2024. (Foto: Istimewa)

5. Viral Pernyataan Menelepon Tuhan dan Beri Klarifikasi

Mbah Benu mendadak viral di media sosial setelah membuat pernyataan mengaku menelepon Allah SWT untuk menentukan 1 Syawal 1445 Hijriah, sehingga menetapkan Hari Raya Idul Fitri 2024, pada Jumat 5 April.

“Saya tidak pakai perhitungan. Saya telepon langsung kepada Allah Taala,” ujar Mbah Benu dikutip dari akun Instagram @cekdrama yang mengunggah potongan video Antara TV, Sabtu (6/4/2024).

“Ya Allah (hari ini) sudah tanggal 29 (bulan Ramadan), 1 Syawal-nya kapan?’ Allah Taala bercerita, tanggal 5 (April 2024),” imbuhnya.

Setelah pernyataannya menjadi viral, Mbah Benu memberikan klarifikasi tentang maksud 'menelepon' Tuhan dalam konteks menentukan waktu awal 1 Syawal. Menurutnya, istilah 'menelepon' Tuhan adalah sebuah ungkapan dalam konteks jalan spiritual.

"Jadi terkait pernyataan saya tadi pagi tentang istilah menelepon Gusti Allah SWT, itu sebenarnya hanya istilah. Yang sebenarnya adalah perjalanan spiritual saya, kontak batin dengan Allah SWT," ujar Mbah Benu dikutip dari akun @merapi_uncover, Sabtu (6/4/2024).

Jemaah Aolia di Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, DIY telah merayakan Lebaran pada Jumat, 5 April 2024, dan melaksanakan shalat Idul Fitri pada Jumat pagi. Mereka memulai puasa Ramadan sejak Kamis, 7 Maret 2024.

Penetapan 1 Syawal jatuh pada Jumat, 5 April 2024, dilakukan berdasarkan keyakinan pimpinan Jemaah Aolia, yaitu Mbah Benu atau Raden Ibnu Hajar Sholeh, serta perhitungan kalender yang mereka yakini.

Namun, perlu diperhatikan bahwa pemerintah belum menetapkan secara resmi 1 Syawal 1445 H atau Lebaran 2024. Rencananya, Kementerian Agama akan menggelar rukyatul hilal dan Sidang Isbat pada Selasa, 9 April 2024. Muhammadiyah telah menetapkan 1 Syawal 1445 pada Rabu, 10 April 2024, sementara Nahdlatul Ulama memprediksi jatuh pada hari yang sama.

Editor : Asdar Zuula

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut