get app
inews
Aa Read Next : Lebaran Core 2024, Kisah Lucu dan Unik di Momen Idul Fitri

Niat Puasa Ramadan, Tata Cara dan Waktu yang Penting Menurut Ulama

Minggu, 10 Maret 2024 | 15:09 WIB
header img
Niat Puasa Ramadan, Tata Cara dan Waktu yang Penting Menurut Ulama. (Foto: Istimewa)

Imam al-Rafi’i al-Quzwaini (w. 623 H) dari kalangan al-Syafi’iyyah menciptakan lafadz niat tersebut dan mencantumkannya dalam kitabnya, "Fathul-‘Aziz bi Syarhi alWajiz" atau yang dikenal sebagai "alSyarhu al-Kabir li al-Rafi’iy" (6/293). Tujuannya adalah untuk memudahkan para muslim dalam menjalankan niat puasa Ramadan sesuai dengan syarat-syarat yang telah ditentukan.

Imam al-Nawawi menulis ulang redaksi niat tersebut dalam kitabnya "Raudhah al-Thalibin." Seiring waktu, redaksi ini menjadi sangat dikenal dan banyak diamalkan oleh kebanyakan muslim.

Tata Cara Niat Puasa Ramadhan

Memang, ada sedikit perbedaan tata cara niat puasa Ramadhan dengan puasa sunnah. Untuk puasa wajib, seperti puasa Ramadhan, qada, dan nazar, seseorang diharuskan untuk berniat di malam hari sebelum terbit fajar sebagai bagian dari persiapan menjalankan ibadah puasa.

Perbedaannya terletak pada puasa sunnah yang lebih longgar, memungkinkan seseorang untuk berniat di siang harinya. Sedangkan dalam Mazhab Syafi’i, niat puasa Ramadan harus dilakukan setiap hari pada malam Ramadhan sebagai bagian dari kewajiban menjalankan ibadah puasa.

Syekh Sulaiman Al-Bujairimi dalam karyanya, Hasyiyatul Iqna’, menjelaskan sebagai berikut:

ويشترط لفرض الصوم من رمضان أو غيره كقضاء أو نذر التبييت وهو إيقاع النية ليلا لقوله صلى الله عليه وسلم: من لم يبيت النية قبل الفجر فلا صيام له. ولا بد من التبييت لكل يوم لظاهر الخبر

“Disyaratkan berniat di malam hari bagi puasa wajib seperti puasa Ramadhan, puasa qadha, atau puasa nadzar. Ini berdasarkan hadis Rasulullah SAW, ‘Siapa yang tidak berniat di malam hari sebelum fajar, maka tiada puasa baginya.’ Karenanya, harus niat puasa di setiap hari (bulan Ramadan) jika melihat redaksi zahir hadits.” (Sulaiman Al-Bujairimi, Hasyiyatul Iqna’, juz 2)

Editor : Asdar Zuula

Follow Berita iNews Kendari di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut