get app
inews
Aa Read Next : 8 Terdakwa Korupsi Tambang Nikel Antam Blok Mandiodo Divonis Bersalah di Pengadilan Tipikor Jakarta

Bangkai Paus Sperma Panjang 10 Meter Terdampar di Pesisir Buton Utara

Senin, 05 Februari 2024 | 01:35 WIB
header img
Bangkai Paus Sperma Panjang 10 Meter Terdampar di Pesisir Buton Utara. (Foto: Istimewa)

BUTON UTARA, iNewsKendari.id - Bangkai Paus sperma sepanjang 10 meter lebih ditemukan di pesisir pantai Desa Waode Buri, Kecamatan Kulisusu Utara, Kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Penemuan bangkai paus sperma pada 27 Januari 2024 ini, direkam oleh warga menggunakan kamera handphone dan viral setelah diunggah di media sosial (Medsos).

Sebelumnya, warga Desa Waode Buri, mencium bau sangat menyengat dari arah pantai yang berbatasan langsung dengan laut banda, setelah dicari, bau menyengat itu rupanya berasal dari bangkai paus sperma.

Setelah viral di Medsos, petugas Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Makassar, turun ke Buton Utara untuk melakukan observasi.

"Hasil identifikasi dan pengukuran bersama dengan BKSDA Sulawesi Tenggara, maka kita memperoleh data bahwa ukuran paus yang terdampar di Desa Waode Buri, Kecamatan Kulisusu Utara, Kabupaten Buton Utara ini Panjang 10 koma 12 meter dengan lingkar tubuh sekitar 5 meter, Di mana berdasarkan identifikasi yang kita lakukan bahwa paus yang terdampar di pesisir Buton Utara ini tepatnya di desa Waode Buri ini adalah merupakan paus sperma," kata Koordinator Satker Kendari BPSPL Makassar, jupri.

Editor : Asdar Zuula

Follow Berita iNews Kendari di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut