get app
inews
Aa Read Next : Kisah Marcell Siahaan Menjadi Mualaf dan Memberi Kebebasan Spiritual pada Anak-anak

Kisah 3 Tokoh Pengibar Bendera Merah Putih Pertama Saat Proklamasi 1945

Sabtu, 12 Agustus 2023 | 07:00 WIB
header img
Kisah 3 Tokoh Pengibar Bendera Merah Putih Pertama Saat Proklamasi 1945. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsKendari.id - Tiga orang pertama yang menjadi Paskibraka di Indonesia adalah informasi menarik yang akan kita bahas kali ini. Tanggal 17 Agustus adalah saat bersejarah bagi Indonesia.

Pada tanggal tersebut, Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan. Ada banyak kegiatan untuk merayakan, termasuk upacara mengibarkan bendera Merah Putih.

Biasanya, tiga orang yang disebut Paskibraka bertanggung jawab untuk mengibarkan bendera Merah Putih dalam upacara tersebut. Pada Hari Proklamasi 1945, ada tiga tokoh yang pertama kali mengibarkan bendera merah putih.

Siapa saja orang-orang yang termasuk dalam tiga tokoh itu? Berikut penjelasan lengkap tentang ketiga tokoh pertama yang menjadi Paskibraka di Indonesia.

1. Suhud Sastro Kusumo

Sebelum Proklamasi 1945 dibacakan, Suhud Sastro Kusumo dan beberapa temannya dalam Barisan Pelopor diberi tugas untuk menjaga keluarga Soekarno pada 14 Agustus 1945.

Dua hari setelahnya, pria kelahiran tahun 1920, mengalami kejadian tak terduga saat Soekarno diculik oleh sekelompok pemuda, yaita Sukarni dan Chaerul Saleh. Mereka membawa salah satu tokoh proklamator tersebut ke Rengasdengklok.

Pada Hari Proklamasi, Suhud diberi tugas untuk menemani Latief Hadiningrat dan Surastri Karma Trimurti dalam mengibarkan bendera Merah Putih di teras rumah tokoh proklamator tersebut.

Editor : Asdar Zuula

Follow Berita iNews Kendari di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut