get app
inews
Aa Read Next : Wapres Ma'ruf Amin Tinjau Penanganan Stunting di Kendari, Pj Gubernur Sultra: Angka Stunting Turun

Pelaku Penipuan Kerap Beraksi pada Sejumlah Gerai BRI Link di Kendari Tertangkap

Rabu, 31 Mei 2023 | 00:05 WIB
header img
Pelaku penipuan yang meresahkan pemilik gerai BRI Link di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), tertangkap, Selasa (30/5/2023). (Foto: Istimewa)

KENDARI, iNewsKendari.id - Pelaku penipuan yang meresahkan pemilik gerai BRI Link di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), tertangkap, Selasa (30/5/2023).

Pelaku tertangkap oleh warga, setelah video rekaman CCTV saat melakukan kejahatannya menipu karyawan gerai BRI Link di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kecamatan Wuawua, Kota Kendari viral di media sosial (Medsos).

Setelah itu, warga menyerahkan pelaku di Markas Polresta Kendari, untuk diproses hukum.

Menurut Kasat Reskrim Polresta Kendari, AKP Fitrayadi, pengakuan pelaku, sudah beberapa Kali melakukan penipuan di gerai BRI Link di Kendari, dengan modus meminta karyawan gerai BRI Link untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening seseorang, setelah berhasil pelaku beralasan mengambil uang di motor lalu kabur.

"Jadi modus operandi dari si panjul ini adalah memasuki BRI Link sasarannya dengan menyampaikan kepada petugas BRI Link bahwa dia akan mentransfer sejumlah uang kepada seseorang. Setelah mentransfer berhasil yang bersangkutan langsung melarikan diri," jelas AKP Fitrayadi.

Sementara karyawan gerai BRI Link, Gusti mengaku tidak curiga dengan gelagat pelaku. Gusti baru sadar sudah tertipu, setelah pelaku kabur.

Akibat penipuan ini, pemilik gerai BRI Link di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kecamatan Wuawua, rugi Rp800 ribu.

"Setelah transfer dia bilang, saya ambil uang dulu di motor nanti saya kembali ke sini, baru saya balik liatnya (dia) tidak ada," kata Gusti.

Saat ini pelaku sudah mendekam di sel tahanan Markas Polresta Kendari, untuk menjalani proses hukum. Is dijerat pasal 378 KUHP tentang penipuan, ancaman hukuman 5 tahun penjara.

Editor : Asdar Zuula

Follow Berita iNews Kendari di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut