get app
inews
Aa Read Next : Pj Gubernur Sultra Motivasi Aparatur Pemprov Saat Upacara HUT ke-60 Provinsi Sulawesi Tenggara

Ekspor Pertanian Sultra Bergeliat, Kadin Sultra Gelar Sosialisasi Prosedur Ekspor pada Pelaku UMKM

Senin, 13 Februari 2023 | 10:08 WIB
header img
Kadin Sultra Gelar Sosialisasi Prosedur Ekspor pada Pelaku UMKM. (Foto: Febriyono Tamenk)

KENDARI, iNewsKendari.id - Kamar Dagang dan Industri Sulawesi Tenggara (Kadin Sultra), sosialisasi prosedur ekspor komoditas pertanian bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), di salah satu hotel di Kendari, Sabtu (11/2/2023) pagi.

KADIN Sultra menunjukkan komitmennya dalam mendukung ekspor komoditas pertanian di Sulawesi Tenggara melalui kegiatan ini. Beberapa instansi penting seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sultra, Bea Cukai Kendari, dan Balai Karantina Pertanian Kendari turut berpartisipasi dalam acara ini.

Melalui sosialisasi ini, para pelaku UMKM dapat memahami prosedur dan mekanisme serta persyaratan administrasi lain yang dibutuhkan dalam melakukan ekspor komoditas pertanian. Berbagai komoditas pertanian di Sultra, seperti jagung, kakao, kopra, cengkeh, dan banyak lagi, memiliki kualitas dan kuantitas yang handal dan layak diekspor jika dikelola dengan baik.

Suwandi Andi, Wakil Ketua KADIN Sultra, menyatakan bahwa Kadin, berkomitmen untuk memfasilitasi dan membantu para pelaku atau eksportir dalam upaya peningkatan kualitas produk pertanian.

"Inilah sebagai follow-up nya, hari ini ada sosialisasi tentang produk, bagaimana tentang mekanisme kita pengiriman ke luar negeri, supaya bagaimana produk-produk di Sulawesi Tenggara menjadi ternama di internasional," jelas Suwandi Andi.

Sementara itu, Muslimin, Kepala Bidang Ekspor di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sultra, mengatakan bahwa pihaknya siap untuk memfasilitasi dalam hal dukungan dokumen dan mekanisme ekspor.

"Bicara ekspor pak, harus bersinergi dan terintegrasi dengan instansi lain dalam rangka memajukan ekspor Sultra. Oleh karena itu kami dari Disperindag ada program-program pembinaan, kemudian memfasilitasi daripada eksportir kita untuk melakukan ekspor dengan mengeluarkan dokumen surat keterangan asal," jelas Muslimin.

Melalui kegiatan ini, KADIN berharap ekspor komoditas pertanian di Sulawesi Tenggara akan terus berkembang dan semakin berkembang, terutama bagi para pelaku UMKM di Sultra. Inilah upaya nyata KADIN dalam memajukan sektor pertanian di Sulawesi Tenggara.

Editor : Asdar Zuula

Follow Berita iNews Kendari di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut