get app
inews
Aa Read Next : Doa Lengkap agar Anak Tidak Rewel dan Tidur Nyenyak di Malam Hari

Rahasia Kemuliaan Membaca Al Quran: Pelajari 15 Aturan Hukum Tajwid

Selasa, 31 Januari 2023 | 15:19 WIB
header img
Rahasia Kemuliaan Membaca Al Quran: Pelajari 15 Aturan Hukum Tajwid. (Foto: Ayudiafatma)

JAKARTA, iNewsKendari.id - Ini adalah hukum tajwid, 15 aturan yang memastikan Al Quran dibacakan dengan fasih, tartil, dan tepat. Jika Anda ingin menjadi pembaca Al Quran yang hebat, pelajari hukum tajwid ini dan contohnya sekarang.

Sudahkah Anda memahami esensi dari tajwid? Lebih dari sekedar membaca dengan benar, tajwid adalah kesempurnaan dalam mengeluarkan setiap suara dari Al Quran. Istilah 'tahsin' yang berarti memperindah, menggambarkan betapa pentingnya membaca Al Quran dengan indah dan mempesona. Temukan keajaiban dalam membaca Al Quran dengan mempelajari tajwid secara lebih dalam.

Setiap huruf Al Qur'an memiliki sifat yang unik dan tidak tergantikan. Apakah Anda tahu bahwa huruf-huruf memiliki 'hak' mereka sendiri yang harus diakui dan dipahami? Alami keajaiban dalam membaca Al Quran dengan mengetahui hak huruf seperti al jahr, isti'la, asy syiddah, al ithbaq, dan banyak lagi.

Hukum tajwid adalah kunci membaca Al Quran dengan indah dan mempesona. Dari banyaknya jenis hukum tajwid, inilah 15 yang wajib diketahui. Siap untuk membuka rahasia membaca Al Quran dengan indah dan benar? Pelajari 15 hukum tajwid ini beserta contoh bacaannya sekarang

15 Hukum Tajwid dan Contohnya:

1. Izhar Halqi

Apakah Anda pernah bingung dengan bagaimana membaca Al Quran dengan jelas dan fasih? Berikut adalah jawabannya: hukum Izhar Halqi. Disebut demikian karena huruf-huruf tersebut dibaca dengan jelas dan makhrajnya berasal dari dalam tenggorokan (halq). 

Adapun huruf-huruf izhar halqi adalah 

Alif (ا), 'Ain (ع), Ghain (غ), Ha' (ح), Kha (خ) Ha (), Hamzah (ء). Jika nun sukun atau tanwin bertemu dengan huruf-huruf tersebut, maka disebut izhar halqi.

Contoh Idzhar Halqi dalam Al Qur’an antara lain pada bacaan berikut:

وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ = waminng syarri ghoosiqin idzaa waqoba

Bagaimana membaca surat Al 'Falaq ayat ke-3 dengan benar? Terdapat kasrah tanwin dan ketemu dengan huruf alif (hamzah), cara membacanya adalah dengan terang, yaitu qin (ghoosiqin idzaa).

Editor : Asdar Zuula

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut