get app
inews
Aa Read Next : Tampil dengan Model Baru, Tenun Khas Sultra Berkilau di Panggung Indonesia Fashion Week 2024

Biskuit Legendaris Khong Guan Ternyata Bukan Produk Asli Indonesia

Minggu, 23 Oktober 2022 | 06:30 WIB
header img
Biskuit Khong Guan sangat legendaris di Indonesia. Bayak yang beranggapan, biskuit ini produk asli Indonesia. (Foto: Tangkapan Layar/Instragram khongguan_biscuits)

Khong Guan Indonesia

Khong Guan pertama memproduksi biskuit di Indonesia pada 1971 tepatnya di Surabaya, Jawa Timur.  Perkembangan yang begitu pesat, Khong Guan Indonesia membuka pabrik di Ciracas, Jakarta Timur.

Produk pertama Khong Guan Biscuit Factory Indonesia, adalah Khong Guan Merah Assorted. Selanjutnya, perusahaan ini secara resmi menjadi PT Khong Guan Biscuit Factory pada 1972. 

Nama kemudian berubah menjadi PT Khong Guan Biscuit Factory Ltd pada 2 Maret 1976. Setelah itu, Khong Guan memiliki ratusan merek makanan ringan, seperti Choco Bear, Togo, Big Royal Wafer, Butter Cookies, Mini Stick, Monde, Malkist Crackers, Marie Special, Wafer Nissin, dan lainnya.

Ciri khas Khong guan Merah Assorted adalah kaleng yang legendaris, yakni potret seorang ibu sedang duduk di meja makan bersama anak laki-laki dan perempuan. 

Gambar tersebut sempat viral dan kerap menjadi meme karena tak ada sosok ayah di gambar fenomenal tersebut. Gambar tersebut diyakini merupakan desain dari Bernardus Prasodjo.

Editor : Asdar Zuula

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut