Sekda Asrun Lion Terpilih Secara Aklamasi sebagai Ketua Kwarda Pramuka Sultra Masa Bakti 2024-2029

Asdar
Sekda Pemprov Sultra, Asrun Lio, terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Sultra, masa bakti 2024-2029. (Foto: Istimewa)

KENDARI, iNewsKendari.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra), Asrun Lio, terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Sultra, masa bakti 2024-2029.

Asrun Lio, terpilih secara aklamasi setelah mendapat dukungan dari 16 Kwarcab dalam Musyawarah Daerah (Musda) XI, yang digelar pada Sabtu (20/7/2024).

“Kak Asrun Lio terpilih secara aklamasi. Awalnya mendapat dukungan dari 12 Kwarcab, Kolaka Raya mengusulkan Ahmad Safei. Tapi pada akhirnya, 16 Kwarcab yang hadir sepakat aklamasi ke Asrun Lio,” kata Aryo Wira Setyawan, Ketua Panitia Musda XI Kwarda Gerakan Pramuka Sultra.

Musda XI yang digelar di Aula Kwarda Sultra, dibuka langsung oleh Sekda Pemprov Sultra, Asrun Lio, dan dihadiri Forkopimda Provinsi, Kepala OPD, Ketua Kwarcab, Pembina, Pelatih, Pamong, Instruktur Saka dan Dewan Kerja serta tamu undangan lainnya.

Menurut Ketua Harian Kwarda Sultra, Jainuddin Ladansa, Gerakan Pramuka saat ini semakin baik dan dipercaya oleh masyarakat, dalam membentuk karakter kaum pelajar dan mahasiswa.

"Kita harap Gerakan Pramuka ke depan semakin baik dan bisa dipercaya oleh masyarakat. Memang kepramukaan ini dilihat sederhana bahkan mungkin terkadang orang tidak menganggap Gerakan Pramuka ini kerjanya tepuk tangan dan penyanyi. Padahal bertepuk tangan dan menyanyi itu adalah salah satu cara mengaktifkan otak kanan kita. Kalau otak kanan tidak aktif, maka kita tidak menjadi manusia yang kreatif," jelas Jainuddin.

Gerakan Pramuka, kata Jainuddin, mengemban tiga tugas pokok sesuai Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010. 

Pertama, menanamkan nilai-nilai kepramukaan yang memiliki 23 poin pendidikan karakter yang harus diterapkan dengan cara saksama dalam Gerakan Pramuka yang tertuang dalam Dasa Dharma Pramuka. 

Kedua, menanamkan nilai-nilai kebangsaan. Ketiga, meningkatkan keterampilan hidup atau lifeskill.

Editor : Asdar Zuula

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network