Pj Gubernur Sultra Motivasi Aparatur Pemprov Saat Upacara HUT ke-60 Provinsi Sulawesi Tenggara

Febriyono Tamenk
Pj Gubernur Sultra Motivasi Aparatur Pemprov Saat Upacara HUT ke-60 Provinsi Sulawesi Tenggara. (Foto: Istimewa)

KENDARI, iNewsKendari.id - Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60 Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), digelar di pelataran Kantor Gubernur, Sabtu (27/4/2024).

Dalam upacara ini, Pj Gubernur Sultra, Komjen Pol (P) Dr. (H.C.) Andap Budhi Revianto, S.I.K., M.H, bertindak sebagai Inspektur upacara.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Sultra, Andap Budi Revianto, mengatakan, Provinsi Sulawesi Tenggara didirikan untuk menjadi bagian terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

"Provinsi Sulawesi Tenggara harus dijalankan oleh pemerintahan yang melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa.” kata Andap.

Visi dan misi tersebut lanjut Andap, sebagai konsekuensi dari kembalinya Indonesia pada UUD NRI Tahun 1945.

“Izinkan dalam upacara hari ini, saya menggugah diri saya sendiri, dan semoga dapat menggugah saudara semua, khususnya Aparat Pemda dan para Wakil Rakyat yang merupakan bagian dari Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Sultra,"

"Masihkah kita memiliki tujuan dan cita-cita yang sama dengan para pendahulu kita? Apakah pernah terpikirkan bahwa kita berada dalam jabatan kita saat ini, semata bukan karena kehebatan pribadi kita. Kita berada di tempat ini, menjadi pejabat

publik karena hasil pengorbanan para pendahulu kita,” ungkap Andap.

Kata Andap, Sultra menghadapi catatan problematika, dari mulai ketimpangan

sosial dan ekonomi yang tercermin dalam gini rasio, tingkat pengangguran terbuka yang cukup tinggi, hingga tuntutan masyarakat atas jaminan keamanan sektor pangan, energi, air, keamanan dan ketertiban masyarakat, masalah perizinan, hingga lingkungan hidup. Termasuk juga

problematika akibat perubahan iklim, yang berdampak pada kekeringan ekstrem maupun bencana hidrometeorologi basah yang mengancam ketersediaan pangan.

Andap, juga memotivasi Aparatur Pemprov Sultra.

“Dengan segala kerendahan hati, Saya ajak saudara sekalian untuk menjadikan posisi dan jabatan kita semua menjadi jalan

perjuangan untuk melahirkan kesejahteraan di 1.908 Desa dan 379 Kelurahan. Kesejahteraan rakyat di 22 Kecamatan, 15 Kabupaten dan 2 Kota,” tegas Andap.

Lebih lanjut Andap mengatakan bahwa, 60

tahun Sultra, saatnya seluruh pelayan publik untuk bangkit menyatukan diri.

"Bersama kita asah empati kita, mari kita bangun komitmen, kita cambukan diri untuk lebih bersungguh-sungguh bekerja, bersama kita berkomitmen membangun Sultra untuk kemaslahatan 2.726.590 jiwa rakyat

yang hidup dan menghidupi 590 pulau yang berada di Sulawesi Tenggara,"

“Saatnya kita untuk menyingkirkan rasa malas, singkirkan menjadikan amanah jabatan untuk kepentingan diri ataupun kelompok, singkirkan segregasi, friksi, dan rasa permusuhan di antara kita. Siarkan kebenaran dan kebaikan melalui tugas dan jabatan yang kita emban. Sebaik-baiknya

jabatan adalah jabatan yang bermanfaat secara positif,” pungkas Andap menutup sambutannya.

Upacara HUT ke-60 Sultra, juga diikuti Anggota DPR RI - Ir. Hugua, Ketua, Wakil Ketua II dan Anggota DPRD Sultra, Forkopimda Tk. I Sultra, Ketua Pengadilan Tinggi Sultra, Sekda Pemprov Sultra, Sekretaris Daerah Pemprov Sultra pada masanya, Ketua DPRD Kab/Kota se-

Sultra, para Bupati/Walikota, Sekda Kabupaten/Kota se-Sultra, Danlanal Kendari, Danlanud Haluoleo, Pimpinan K/L di Provinsi Sultra, Pimti Pratama Pemprov Sultra, Pimpinan Perguruan Tinggi dan Akademisi, Pimpinan BUMN dan BUMD se-Sulawesi Tenggara; Kasatpol PP Kabupaten/Kota Se-Sultra, Camat Se-Sulawesi Tenggara, para Peserta Upacara dari unsur TNI/Polri, Basarnas. Organisasi Kemasyarakatan, dan perwakilan Siswa SMA/SMK di Sultra. 

Editor : Asdar Zuula

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network