get app
inews
Aa Read Next : 8 Terdakwa Korupsi Tambang Nikel Antam Blok Mandiodo Divonis Bersalah di Pengadilan Tipikor Jakarta

HUT ke-58 Sultra, Pemprov Gelar Tradisi Kande-kandea di Aula Kesultanan Buton

Minggu, 22 Mei 2022 | 17:38 WIB
header img
Pemprov Sultra Gelar Tradisi Kande-kandea di Aula Kesultanan Buton, Kota Baubau, Memperingati HUT ke-58 Sultra, Foto: Mukhtaruddin

BAUBAU, iNews.id - Ratusan orang mengikuti tradisi Kande-kandea, yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra), di Aula Kesultanan Buton, Kota Baubau, Minggu (22/5/2022), memperingari Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58 Sultra.

Menurut Gubernur Sultra, Ali Mazi, Kande-kandea atau makan bersama, tradisi masyarakat Buton, digelar untuk memperat silaturahmi masyarakat.

“Ini maknanya, bagaimana mempererat hubungan silaturahmi, kemudian bagaimana hubungan kebatinan kita, inikan budaya yang ditinggalkan para leluhur yang harus kita pertahankan," jelas Ali Mazi.

Ali Mazi menyebut, HUT Sultra ini, juga ajang memperingati hari pahlawan nasional asal Sulawesi Tenggara, yakni Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi atau Oputa Yi Koo.

“Ini juga sekaligus memperingati hari pahlawan nasional kita Oputa Yi Koo, apresiasi penghargaan pemerintah yang telah memberikan penghargaan seorang tokoh sebagai pahlawan nasional, sejarah perjuangan yang begitu gigih mempertahankan wilayah Buton dari penjajah,” katanya.

Pada perayaan HUT ke-58 Sultra, Pemprov memperingati hari pahlawan nasional  Oputa Yi Koo, dengan napak tilas perjalanan perjuangan Sultan ke-20 dan 23 Buton, yang berkuasa pada 1751-1752 dan 1760-1763, agar masyarakat, mengingat kembali jejak sejarah perjuangan Oputa Yi Koo, selama mempertahankan tanah wolio dari penindasan penjajah.

Editor : Asdar Zuula

Follow Berita iNews Kendari di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut