get app
inews
Aa Read Next : Pj Gubernur Sultra Perintahkan Inspektorat Audit Proyek Gerbang Wisata Toronipa

Penjelasan Kadis SDA dan Bina Marga Sultra Terkait Gerbang Wisata Toronipa Rp32,8 M yang Viral

Jum'at, 13 September 2024 | 10:13 WIB
header img
Penjelasan Kadis SDA dan Bina Marga Sultra Terkait Gerbang Wisata Toronipa Rp32,8 M yang Viral. (Foto: Mukhtaruddin)

KENDARI, iNewsKendari.id - Gerbang kawasan wisata Toronipa, Kabupaten Konawe, yang berada di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), viral di media sosial.

Bangunan gerbang ini mendadak viral, karena dinilai bangunannya tidak sebanding dengan anggaran yang digunakan yakni, Rp32,8 miliar.

Bangunan gerbang yang terlihat megah menghabiskan anggaran puluhan miliar rupiah APBD Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra, bukan tembok, namun papan semen.

Selain itu, bangunan gerbang berjumlah 3 berjejer di kawasan kota lama Kendari, yang baru selesai dibangun pada Februari 2024 lalu mulai mengalami kerusakan di beberapa dinding pilar gerbang tersbebut. Pada bagian dalam bangunan, juga terlihat kosong.

Menanggapi video viral ini, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Provinsi Sultra, Pahri Yamsul, membenarkan bahwa konstruksi gerbang tersebut terbuat dari papan semen. Konstruksi seperti ini kata Pahri, bisa bertahan hingga 25 tahun.

Lebih lanjut Pahri menjelaskan, pembangunan gerbang wisata toronipa, sudah sesuai perencanaan karena papan semen memungkinkan ornamen gerbang dibentuk lebih mudah.

Pahri menyebut, konstruksi seperti ini banyak digunakan di beberapa daerah di Indonesia termasuk proyek gerbang Rumah Jabatan Gubernur Sultra.

"Semua kolom-kolom yang besar itu tidak ada isinya, sedikit sekali hanya sedikit beton saja kita bungkus dengan GRC (Glass Reinforced Concrete board. GRC itu beton campuran serat kaca itu tahannya sampai 25 tahun itu tahan api, tahan air dan mudah perawatannya," ungkap Pahri Yamsul.

"Makanya untuk di toronipa itu yang digunakan karena kenapa, ada estetika bentuk yang kita kejar kalau kita gunakan beton atau kita gunakan batu merah itu tidak dapat," imbuhnya.

Saat ini status proyek Gerbang Wisata Toronipa masih masa pemeliharaan oleh kontraktor, dan belum diserahkan kepada pemerintah.

Gerbang kawasan wisata toronipa berjumlahh 4 berjejer di kawasan kota lama Kendari, masih bagian dari mega proyek jalan poros Kendari - Toronipa sepanjang 14 Kilometer.

Mega proyek di masa Gubernur Sultra, Ali Mazi ini, menghabiskan anggaran APBD kurang lebih Rp1,1 triliun bersumber dari dana pinjaman. 

Proyek jalan poros Kendari-Toronipa sudah diresmikan Ali Mazi diakhir masa jabatannya sebagai Gubernur Sultra.

Editor : Asdar Zuula

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut