get app
inews
Aa Read Next : Elfata Institute Diskusi Bersama SPKS Soal Potensi Sawit di Sultra

Jadi Pembicara di Leaders Talk ISEI, Ruksamin: Sultra Harus Menjadi Pusat Energi Dunia

Kamis, 30 Mei 2024 | 16:19 WIB
header img
Jadi Pembicara di Leaders Talk ISEI, Ruksamin: Sultra Harus Menjadi Pusat Energi Dunia. (Foto: Istimewa)

KENDARI, iNewsKendari.id - Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Kendari mengadakan acara Leaders Talk, membahas pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Tenggara (Sultra). 

Acara tersebut mengangkat tema "Jalan Panjang Mewujudkan Kesejahteraan" dan diadakan di salah satu Hotel di Kendari, pada Kamis (30/5/2024). 

Bupati Konawe Utara, Ruksamin, turut menjadi narasumber yang membahas pertumbuhan ekonomi di Sultra. 

Menurut Ruksamin, tema yang diangkat dalam acara Leaders Talk merupakan suatu terobosan yang luar biasa untuk dipikirkan bersama. 

"Ini merupakan terobosan luar biasa untuk mengumpulkan kita semua stakeholder dalam rangka memikirkan kesejahteraan di Sultra," ujar Ruksamin. 

Menurut Bupati Konawe Utara, Ruksamin,  Sulawesi Tenggara kaya akan sumber daya alam serta memiliki beragam aspek yang mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.

"Apa yang saya paparkan tadi itu, Sultra Kondisinya seperti ini. Mari kita simpulkan, dia sakit kah, dia sehat kah, dia kurang sehat kah, kondisinya seperti itu baik ekonomi pertumbuhan ekonomi kemiskinannya itu tadi kelihatan. Kemudian disisi lain adakah obat yang bisa ditawarkan? Ada yang kita siapkan tadi. Sulawesi Tenggara punya nikel punya pertambangan, pariwisata, pertanian, perkebunan, dan punya adat istiadat," bebernya. 

Oleh karena itu, untuk mengatasi tantangan yang dihadapi Sulawesi Tenggara saat ini, upaya yang harus dilakukan dengan menjadikan Sultra sebagai Pusat Energi Dunia.

"Nah sekarang yang dibutuhkan adalah cara orang mengobati ini, katakanlah kalau sakit tadi ini.  Padahal Sultra punya sumber daya alam yang banyak. Caranya kita sudah dengar, caranya mengobati seperti apa? Obatnya cuman satu diagnosanya yaitu kita lahir kan Sultra sebagai Pusat Sumber Energi Dunia," tuturnya.

Ruksamin menegaskan bahwa, jika terpilih sebagai Gubernur Sulawesi Tenggara, ia berkomitmen untuk mengalokasikan dana sebesar Rp500 juta untuk setiap desa di Sultra.

"Biaya itu untuk memberikan insentif kepada UMKM kita. Sehingga ekonomi di Sultra meningkat, kemiskinan menurun, dan Sultra makin sejahtera," pungkasnya.

Editor : Asdar Zuula

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut