get app
inews
Aa Read Next : Bakal Calon Bupati Muna Barat La Ode Darwin Diundang DPP PKB untuk Paparkan Visi dan Misi

Kunjungi Kebun Warga, Calon Bupati Mubar La Ode Darwin: Keluhan Petani sudah Masuk Program Unggulan

Senin, 06 November 2023 | 22:17 WIB
header img
Bakal Calon Bupati Muna Barat La Ode Darwin mengunjungi kebun warga di Kelurahan Waumere, Kecamatan Tiworo Kepulauan. (Foto: Tim Media Center La Ode Darwin)

MUNA BARAT, iNewsKendari.id - Bakal Calon Bupati Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra), La Ode Darwin bersama istrinya Rhika Purwaningsih Darwin, menggunakan motor trail mengunjungi kebun warga di Kelurahan Waumere, Kecamatan Tiworo Kepulauan, Sabtu (4/11/2023).

Darwin mengaku senang dan bersemangat, saat mendapat undangan dari para petani. Sebab, bisa berdiskusi mendengarkan aspirasi dan masalah yang dihadapi petani selama ini, umumnya mengeluhkan buruknya akses jalan tani, kurangnya bantuan pupuk dan bibit unggul, serta kesulitan memasarkan hasil pertanian dengan harga yang layak.

"Ternyata apa yang menjadi masalah dan keluhan para petani ini sudah masuk dalam program unggulan saya di sektor pertanian. Program ini sudah saya paparkan secara detail setiap kali acara silaturahmi atau temu warga selama ini di Muna Barat," kata Darwin.

Meski demikian, Darwin berterima kasih kepada para petani, sudah menyampaikan aspirasi dan keluhannya. Jika terpilih sebagai Bupati Muna Barat, Darwin akan mendorong proses pertanian modern.

"Ke depan, kita akan menggunakan teknologi modern. Masyarakat tidak lagi membuka lahan secara tradisional menggunakan pakai kampak, pacul, tembilang, dan parang, tapi kita akan bantu pakai alat modern," katanya.

Pemasaran hasil panen petani kata Darwin, akan dibantu pemerintah, agar dijual dengan harga yang layak dan mendapatkan hasil maksimal.

"Kita akan melakukan pendampingan mulai dari pembukaan lahan hingga penjualan hasil panen," ujar pria 38 tahun ini.

Lanjut Darwin, masyarakat akan diberikan bantuan bibit unggul dan pupuk, yang saat ini sudah mulai dijalankan.

"Jadi, nanti masyarakat hanya berkebun saja. Mulai dari pembukaan lahan hingga pemasarannya akan dibantu pemerintah," tambahnya.

Darwin juga akan membuat akses jalan menuju kebun lebih mudah dilalui, sehingga ke depan tidak ada lagi petani yang memikul hasil pertaniannya.

"Jalan-jalan produksi kita harus bagus. Sehingga ke depan, kendaraan pengangkut hasil pertanian bisa langsung ke kebun. Dengan begitu, tidak ada lagi petani yang memikul hasil kebunnya," katanya. 

Selain mengunjungi kebun warga, Darwin juga terus memaksimalkan silaturahmi atau temu warga pada Jumat (3/11/2023) dan Minggu (5/11/2023). 

Selama dua hari yakni Jumat dan Senin , Darwin mengunjungi empat titik pertemuan pada lima desa yakni, Desa Latompe Kecamatan Lawa, Desa Kasakamu Kecamatan Kusambi, Desa Maperaha Kecamatan Sawerigadi, serta Desa Wakontu dan Lakanaha Kecamatan Wadaga. Dalam pertemuan tersebut, masing-masing yang hadir setiap titik lebih dari 500  orang. 

Sementara zumba party dan senam jantung sehat khusus mak-mak, yang dimotori istri La Ode Darwin, Rhika Purwaningsih Darwin, digelar di Pelabuhan Tondasi Muna Barat, dihadiri kurang lebih 1.500 orang.  Zumba party dan senam jantung sehat, merupakan kegiatan rutin setiap pekan, pelaksanaannya bergilir setiap desa.

Editor : Asdar Zuula

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut