get app
inews
Aa Read Next : Angka Inflasi Sultra Terkendali Pasca Idul Fitri 1445 H di Bawah Angka Inflasi Nasional

Ombak Besar di Perairan Saponda, Sejumlah Nelayan di Kendari Istirahat Melaut

Senin, 12 Juni 2023 | 12:19 WIB
header img
Ombak Besar di Perairan Saponda, Sejumlah Nelayan di Kendari Istirahat Melaut. (Foto: Febriyono Tamenk)

KENDARI, iNewsKendari.id - Gelombang tinggi disertai angin kencang terjadi pada beberapa perairan di Sulawesi Tenggara (Sultra), beberapa pekan terakhir.

Situasi ini memaksa nelayan di Kelurahan Sodoha, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari, memilih tidak melaut. Puluhan kapal yang biasa mereka gunakan untuk mencari ikan berlabuh di kawasan teluk kendari. 

Memanfaatkan waktu luang, para nelayan menyibukan diri dengan membenahi alat tangkap ikan mereka seperti jaring dan membersihkan kapal.
 
Menurut seorang pemilik kapal, Sakia, sudah hampir dua pekan ia dan anak buahnya tidak melaut, akibat cuaca buruk di perairan saponda, tempat mereka biasa mencari ikan.

"Tertunda keberangakat kami ataupun kapal-kapal lainnya itu dikarenakan cuaca sangat tidak mendukung, sangat tidak kondusif dikarenakan ombak sangat besar, arus tidak beraturan. Maka dari itu kapal nelayan di sini, beberapa maupun di tempat lainnya itu lebih memilih istirahat, karena ada ikan juga di luar susah ditangkap, karena itu ombak dan arus tidak beraturan jadi risikonya tinggi," kata Sakia, Senin (12/6/2023).
 
Biasanya kata Sakia, cuaca buruk seperti ini terjadi selama satu bulan ke depan. Nelayan akan kembali melakukan pelayaran untuk mencari ikan menunggu cuca membaik.

Editor : Asdar Zuula

Follow Berita iNews Kendari di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut