get app
inews
Aa Read Next : Wasit Menjadi Sorotan setelah Laga Semifinal Piala Asia U-23 Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan

Timnas Indonesia U-20 Tersingkir di Piala Asia U-20 2023 setelah Bermain Imbang Melawan Uzbekistan

Rabu, 08 Maret 2023 | 00:44 WIB
header img
Timnas Indonesia U-20 tersingkir dari Piala Asia U-20 2023 setelah bermain imbang 0-0 melawan Uzbekistan di Stadion Istiqlol, Fergana. (Foto: Tangkapan Layar/instagram PSSI)

FERGANA, iNewsKendari.id - Pertandingan terakhir Grup A Piala Asia U-20 2023 antara Timnas Indonesia U-20 dan Uzbekistan berakhir dengan skor 0-0. Laga tersebut dihelat di Stadion Istiqlol, Fergana, Selasa (7/3/2023).

Dengan hasil akhir tersebut, Uzbekistan berhasil meraih gelar juara Grup A, sementara Timnas Indonesia U-20 harus tersingkir dari Piala Asia U-20 2023. Garuda Muda hanya mampu mengumpulkan 4 poin dan menempati posisi ketiga pada klasemen akhir Grup A.

Sebenarnya, Timnas Indonesia U-20 memiliki jumlah poin yang sama dengan Timnas Irak pada saat berakhirnya pertandingan, di mana Timnas Irak bermain imbang 1-1 melawan Suriah. Namun, karena Timnas Irak memiliki agregat dan selisih gol yang lebih baik, bisa melaju ke babak perempat final daripada Timnas Indonesia U-20.

Jalannya Pertandingan
Babak Pertama

Uzbekistan berhasil menekan pertahanan Timnas Indonesia U-20 dengan strategi sabar dalam membangun serangan. Pada 10 menit pertama pertandingan, terdapat dua kesalahan yang dilakukan oleh pemain Indonesia di lini pertahanan. Yang pertama, kiper Daffa Fasya melakukan clearance yang kurang sempurna, dan kemudian Arkhan Fikri melakukan passing yang berhasil diintersep oleh lawan. Beruntungnya, Uzbekistan tidak mampu memaksimalkan peluang tersebut.

Timnas Indonesia U-20 mendapatkan peluang emas pada menit ke-15, ketika Arkhan Fikri berhasil merebut bola dari lawan dan memberikan bola muntah di kotak penalti yang disambut oleh Hugo Samir. Hugo Samir melepaskan dua tembakan, namun sayangnya keduanya diblok atau melebar dari sasaran.

Pada menit ke-21, gawang Indonesia hampir kebobolan, tetapi Kakang Rudianto berhasil menghalau lesatan jarak dekat dari pemain Uzbekistan dan mengamankan gawang Indonesia.

Pertandingan memasuki menit ke-30, dan Akhorov dari Uzbekistan berhasil menciptakan tembakan tepat sasaran yang menjadi ancaman bagi gawang Indonesia. Namun, Daffa Fasya yang berada di bawah mistar berhasil menghalau sepakan tersebut dengan cekatan.

Timnas Uzbekistan terus menekan pertahanan Indonesia menjelang akhir babak pertama. Sementara itu, Timnas Indonesia mencoba untuk menyerang melalui Arkhan Fikri, tetapi sayangnya sepakannya melebar dari sasaran. Babak pertama berakhir dengan skor 0-0 antara kedua tim.

Babak Kedua

Timnas Indonesia U-20 memulai babak kedua dengan peluang. Hokky Caraka mendapatkan peluang di dalam kotak penalti, namun sayangnya ia tidak mampu mengontrol bola dengan baik. Namun, Timnas Indonesia berhasil mendapatkan tendangan sudut setelah bola disapu oleh pemain lawan.

Timnas Uzbekistan mengalami kesulitan dalam menembus pertahanan Indonesia pada awal babak kedua. Peluang mereka baru muncul pada menit ke-52, ketika Pulatov menyundul bola setelah umpan lambung dari tengah lapangan, namun sayangnya sundulannya tidak tepat sasaran.

Pada menit ke-53, kapten Timnas Indonesia Muhammad Ferarri menciptakan peluang shot on target. Ferarri menyambut lemparan panjang dari Robi Darwis dan berhasil menyundul bola dari jarak dekat, namun sayangnya tendangannya bisa dihalau oleh kiper Uzbekistan, Boymurodov.

Saat memasuki menit ke-70, Uzbekistan mendominasi serangan dan melakukan berbagai serangan dari berbagai sisi pertahanan Indonesia. Namun, Garuda Muda berhasil menahan gempuran tuan rumah dengan baik.

Pada menit ke-80, tim nasional Indonesia memulai serangan. Frengky Missa berhasil menembus pertahanan Uzbekistan dan melepaskan tendangan yang dihalau oleh bek lawan. Timnas Indonesia juga mendapatkan tendangan sudut, namun peluang tercipta melalui lemparan dalam yang disambut sundulan Muhammad Ferarri di kotak penalti, tetapi sayangnya bola tidak disambut rekan setimnya.

Beberapa menit kemudian, Uzbekistan mencoba mengancam gawang Indonesia dan hampir saja mencetak gol jika bola tidak membentur mistar gawang.

Pada menit ke-87, pelatih Shin Tae-yong memasukkan Nico Alfriyanto dan Rabbani Tasnim untuk menggantikan Ronaldo Kwateh dan Hokky Caraka, harapannya untuk memunculkan gol bagi timnas Indonesia.

Pada akhir pertandingan, Uzbekistan meningkatkan serangan mereka. Gawang Daffa Fasya terus diserang, namun beruntung pertahanan Indonesia mampu membantu dan memblokir serangan tersebut.

Sementara itu, Indonesia kesulitan menciptakan peluang serangan yang signifikan, namun pertahanan mereka solid dan mampu menahan serangan lawan. Akhirnya, pertandingan berakhir tanpa gol 0-0.

Susunan Pemain Indonesia U-20 vs Uzbekistan U-20 di Piala Asia U-20 2023:

Indonesia U-20 (4-4-2): Daffa Fasya (GK); Muhammad Ferarri, Kakang Rudianto, Robi Darwis, Dony Tri Pamungkas; Arkhan Fikri, Achmad Maulana, Dzaky Asraf, Hugo Samir; Hokky Caraka, Ronaldo Kwateh

Pelatih: Shin Tae-yong

Uzbekistan U-20 (4-2-3-1): Boymurodov; Pulatov, Khusanov, Ashurov, Utamurodov; Kholdorkhonov, Rakhmonaliev; Fayzullaev, Ortikboev, Akhrorov; Esanov

Pelatih: Ravshan Khaydarov

Editor : Asdar Zuula

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut