Logo Network
Network

Arti Surat Al Fil Ayat 1-5 Lengkap dengan Makna, dan Tafsir

Kastolani
.
Selasa, 06 Desember 2022 | 17:46 WIB
Arti Surat Al Fil Ayat 1-5 Lengkap dengan Makna, dan Tafsir
Arti Surat Al Fil Ayat 1-5 Lengkap dengan Makna, dan Tafsir. (Foto Istimewa)

JAKARTA, iNewsKendari.id - Surat Al Fil ayat 1-5 mengandung banyak hikmah yang penting diketahui Muslim. Nama surat ini diambil dari kata al Fil, yang terdapat dalm ayat pertama.

Surah Al Fil diturunkan di Mekkah setelah surah Al Kafirun, sehingga digolongkan sebagai surah makkiyyah, urutan surah ke-105 dari 114 dalam Al Quran.

Teks Surat AL Fil ayat 1-5 beserta artinya:

أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحَابِ الْفِيلِ (1) أَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِي تَضْلِيلٍ (2) وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا أَبَابِيلَ (3) تَرْمِيهِمْ بِحِجَارَةٍ مِنْ سِجِّيلٍ (4) فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَأْكُولٍ (5)

Artinya: Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah. Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka'bah) itu sia-sia? dan Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong, yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar, lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat)". (QS. Al Fil: 1-5)

Berikut Makna lengkap Surat Al Fil Ayat 1-5

Surat Al Fil mengisahkan tentang pasukan bergajah dari Yaman dipimpin Raja Abrahah, yang ingin meruntuhkan Kakbah di Mekkah, hal ini seperti dilansir dari Buku Quran Hadis Kelas II Madrasah Ibtidayah. Peristiwa itu terjadi pada 571 M, bertepatan dengan lahirnya Nabi Muhammad SAW, sehingga tahun itu disebut tahun gajah.

Pasukan bergajah pimpinan Raja Abrahah ini diazab oleh Allah SWT ,dengan mengirimkan burung ababil, membawa batu kerikil yang sangat panas dari neraka.

Surat Al Fil in, memberikan pelajaran bahwa, siapa pun yang menentang dan memusuhi Allah SWT, maka akan gagal dan binasa.

Tafsir Surat Al Fil

Dalam Tafsir Ibnu Katsir sebagaimana dilansir dari lama ibnukatsir dijelaskan, 

Surat Al Fil, sebagai gambaran nikmat yang dianugerahkan Allah SWT kepada kaum Quraisy, karena Allah SWT telah menyelamatkan mereka dari serangan tentara bergajah. 

Tekad pasukan gajah pimpinan Raja Abrahah dari Yaman ini, akan merobohkan Kakbah hingga rata dengan tanah tanpa bekas. Namun sebelum merobohkan Kakbah, Allah SWT sudah memusnahkan mereka.

Peristiwa tersebut sebagai irhas dan pendahuluan akan diutusnya Rasulullah SAW. Karena sesungguhnya di tahun itu Nabi Muhammad —menurut pendapat yang terkenal— dilahirkan. 

Imam Bukhari di dalam kitab Sahihain disebutkan bahwa Rasulullah Saw bersabda di hari jatuhnya kota Mekah:
«إِنَّ اللَّهَ حَبْسَ عَنْ مَكَّةَ الْفِيلَ وَسَلَّطَ عَلَيْهَا رَسُولَهُ وَالْمُؤْمِنِينَ، وَإِنَّهُ قَدْ عادت حرمتها اليوم كحرمتها بالأمس ألا فليبلغ الشاهد الغائب»


Artinya: Sesungguhnya Allah telah menahan pasukan bergajah dari Mekah, dan menguasakannya kepada Rasul-Nya dan orang-orang mukmin, dan sesungguhnya kini telah kembali kesuciannya pada hari ini juga, sebagaimana kesuciannya di waktu sebelumnya. Ingatlah, hendaklah orang yang hadir menyampaikannya kepada orang yang tidak hadir.

Demikian ulasan mengenai makna dalam Surat Al Fil ayat 1-5 beserta artinya lengkap dengan tafsir ayatnya.

Wallahu A'lam

Editor : Asdar Zuula

Follow Berita iNews Kendari di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.