get app
inews
Aa
Read Next : Popularitas ChatGPT disalahgunakan hacker untuk menyebarkan malware

3 Jenis Hacker yang Patut Diwaspadai, Data Pribadi dan Rekening Bisa Dicuri

Selasa, 06 September 2022 | 11:59 WIB
header img
3 jenis hacker yang patut diwaspadai (Foto: MNC Media)

KENDARI, iNewsKendari.id - Hacking merupakan tindakan peretasan perangkat dan jaringan digital melalui akses tidak sah. Ada beberapa jenis hacker yang patut diwaspadai.

Hacking mengacu pada penyalahgunaan perangkat seperti komputer, smartphone, tablet, dan jaringan untuk menyebabkan kerusakan sistem, mengumpulkan informasi tentang pengguna, mencuri data pribadi, rekening ATM hingga dokumen penting lainnya.  

Sementara hacker, dipandang sebagai pemrogram nakal yang sangat terampil dalam pengkodean dan modifikasi software atau hardware komputer. Namun, pandangan ini tidak mencakup sifat teknis sebenarnya dari hacking. 

Hacker semakin berkembang dalam kecanggihan, menggunakan metode serangan tersembunyi yang dirancang untuk benar-benar tidak diperhatikan software keamanan siber dan tim IT. Mereka juga ahli dalam membuat vektor serangan yang mengelabui pengguna agar membuka lampiran atau link berbahaya dan dengan bebas menyerahkan data pribadi sensitif.

Akibatnya, peretasan modern melibatkan lebih dari sekadar anak yang marah di kamar tidur mereka. Ini adalah industri bernilai miliaran dolar dengan teknik yang sangat canggih dan sukses.

Jenis Hacker yang Perlu Diwaspadai

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Berita iNews Kendari di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut