get app
inews
Aa Read Next : 8 Terdakwa Korupsi Tambang Nikel Antam Blok Mandiodo Divonis Bersalah di Pengadilan Tipikor Jakarta

Menhub Pastikan Kelayakan Terminal Khusus Kapal Pengangkut Ore Nikel di Konawe Utara

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 18:55 WIB
header img
Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, meninjau pelabuhan terminal khusus kapal pengangkut ore nikel di Kecamatan Molawe, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu (20/8/2022). (Foto Febriyono Tamenk)

KONAWE UTARA, iNews.id - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, meninjau pelabuhan terminal khusus kapal pengangkut ore nikel di Kecamatan Molawe, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu (20/8/2022) siang.

Didampingi Gubernur Sultra, Ali Mazi dan Bupati Konawe Utara, Ruksamin, Menhub Budi Karya, menggunakan tugboat menuju Pulau Mandiodo.

Dalam kunjungan ini, Budi Karya meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra dan Pemerintah Kabupaten Konawe Utara (Pemkab Konut), memperhatikan kelayakan pelabuhan terminal khusus, operasional kapal dan keselamatan.

"Amanah sebagai Menteri untuk memastikan bahwa pergerakan produktifitas, safety, security dan pelayanan di bidang kelautan itu berjalan baik," kata Menhub Budi Karya Sumadi.

Budi Karya juga meminta dari 35 terminal khusus kapal pengangkut ore nikel di Konut, yang tidak layak segera diperbaiki. Sebab ini menjadi salah satu sumber Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNPB).

Sementara itu, Bupati Konawe Utara, Ruksamin mengatakan, Pemkab Konut segera melakukan kunjungan lapangan untuk meninjau pelabuhan terminal khusus yang tidak layak, agar segera diperbaiki.

"Diluar dugaan kita beliau (Menhub Budi Karya Sumadi) meminta untuk langsung meninjau salah satu tersus (terminal khusus) yang sementara beroperasi, kemudian tadi kami mengantar beliau melalui kapal tugboat. Beliau menyaksikan sendiri baik berkomunikasi secara langsung terhadap operator tugboatnya kapal yang ada di sana bahkan sampai kemudian melihat secara dekat secara langsung operasional daripada salah satu tersus yang ada di Kabupaten Konawe Utara," kata Ruksamin.

Selain itu, Menhub Budi Karya Sumadi, juga mengunjungi pelabuhan Muara Sampara di Kabupaten Konawe dan pelabuhan Bungkutoko di Kota Kendari.

Kunjungan ini, untuk memastikan fasilitas pelabuhan, armada, dan alat keselamatan terpenuhi.

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Asdar Zuula

Follow Berita iNews Kendari di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut