Logo Network
Network

Gempa Magnitudo 2,9 Guncang Tanggetada Kolaka

Mukhtaruddin
.
Minggu, 24 Juli 2022 | 01:11 WIB
Gempa Magnitudo 2,9 Guncang Tanggetada Kolaka
Gempa Magnitudo 2,9 Guncang Tanggetada Kolaka. (Foto istimewa/BMKG Kendari)

KOLAKA, iNews.id - Gempa tektonik mengguncang Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu (23/7/2022) pukul 22.21 WITA.

Analisa BMKG, episenter gempa berkekuatan Magnitudo 2,9 pada koordinat 4.32 LS, 121.66 BT, atau tepatnya di laut pada jarak 15.6 Km Timur Laut Tanggetada, Kabupaten Kolaka.

Menurut Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin, S.T, gempa ini jenis gempa dangkal akibat akitivitas sesar Kolaka di Timur Laut Tanggetada.

Berdasarkan laporan yang diterima BMKG, guncangan gempa ini dilaporkan dirasakan di Kolaka II-III MMI. II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang), III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu) .

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami," jelas Rudin.

Hingga pukul 23.11 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempabumi susulan.

Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Masyarakat juga diminta menghindari bangunan retak atau rusak akibat gempa, memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, atau tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali kedalam rumah.

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Asdar Zuula

Follow Berita iNews Kendari di Google News

Bagikan Artikel Ini