get app
inews
Aa
Read Next : Makanan Penurun Kolesterol Jahat Ampuh Cegah Kematian Dini

Ini Sayuran Murah Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi, Aman Dikonsumsi Tiap Hari

Senin, 18 Juli 2022 | 08:00 WIB
header img
Ada sayuran murah yang bisa menurunkan kolesterol tinggi. Sayuran ini terbukti memiliki banyak manfaat, terutama jika dikonsumsi bersama dengan obat kolesterol. (Foto Getty Images)

JAKARTA, iNews.id - Ternyata ada sayuran murah bisa menurunkan kolesterol tinggi. Sayuran ini terbukti memiliki banyak manfaat, terutama jika dikonsumsi bersama dengan obat kolesterol dan gaya hidup sehat.

Sayuran murah itu adalah okra, memiliki peran besar mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Okra sebenarnya adalah polong biji tanaman, dan meskipun diklasifikasikan sebagai buah, okra lebih banyak dimasak sebagai sayuran.

Dilansir dari Express, Sabtu (16/7/2022) untuk manfaat menurunkan kolesterol, tukar kentang dengan okra dalam makanan sehari-hari.

Dibandingkan dengan kebanyakan buah dan sayuran, okra memiliki jumlah serat, protein, vitamin B6, dan folat yang lebih tinggi. Kandungan ini semuanya membantu menjaga kolesterol tetap terkendali.

Anda bisa memanggang okra sebagai lauk lezat. Selain itu, okra juga bisa ditambahkan ke sup jika Anda tidak menyukai rasa atau teksturnya.

Sementara itu, kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat, tetapi kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kolesterol tinggi dapat mengembangkan timbunan lemak di pembuluh darah. Endapan ini tumbuh, sehingga sulit bagi darah yang cukup untuk mengalir melalui arteri.

Kabar buruknya, terkadang, endapan tersebut dapat pecah secara tiba-tiba dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke. Beruntungnya, kolesterol tinggi dapat diturunkan.

Namun, kondisi ini seringkali merupakan akibat dari pilihan gaya hidup yang tidak sehat, yang membuatnya dapat dicegah dan diobati. Diet sehat, olahraga teratur, dan terkadang obat-obatan dapat membantu mengurangi kolesterol tinggi.

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Asdar Zuula

Follow Berita iNews Kendari di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut