get app
inews
Aa Read Next : Sapi Kurban Hari Raya Iduladha 1443 H di Sultra 17 Ribu Ekor

Kementan Pastikan Pangan Aman dan Wilayah Pulau Buton Bebas dari PMK

Jum'at, 15 Juli 2022 | 18:17 WIB
header img
Irjen Kementan Jan Samuel bersama Wali Kota Baubau, Laode Ahmad Monianse, Jumat (15/7/2022). (Foto Istimewa)

BAUBAU, iNews,idInspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pertanian (Kementan) Jan Samuel, berkunjung di Kota Buabau, Jumat (15/7/2022).

Di Kota Baubau Jan Samuel, melakukan kunjungan pada beberapa tempat di pulau Buton guna menjaga ketahanan pangan dan memastikan pulau Buton aman dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Mengawali kunjungannya, Irjen Kementan Jan Samuel bersama Pemerintah Kota Baubau, mengunjungi pabrik pakan di Desa Kampeonaho. Pabrik pakan ini memproduksi 6.600 ton jagung per 3 bulan yang diolah menjadi pakan ternak.

Pabrik pakan ini merupakan sentral produksi pakan yang banyak digunakan peternak di Sulawesi Tenggara sebagai konsumsi untuk memenuhi kebutuhan gizi ternaknya.

“Meskipun pertanian tumbuh positif di tengah lesunya ekonomi nasional akibat pandemi. Namun, adanya virus PMK menjadi tantangan baru pada sektor pertanian, selain ketersediaan pakan yang harus terpenuhi, kualitas dan mutu pakan hewan harus dijaga dan juga pencegahan terhadap masuknya virus PMK perlu diantisipasi, dengan bersinergi semua dapat diatasi, maka pengembangan ternak diwilayah Sultra dapat meningkat,” terang Irjen Kementan, Jan Samuel.

Selain menggunjungi pabrik pakan. Irjen kementan juga mengunjungi kawasan tanaman pala, salah satu komoditas pertanian di Baubau yang berpotensi ekspor.

“Potensi tanaman pala yang berada di Baubau sangat besar ini dapat kita dorong bersama agar pala Baubau dapat diekspor,” ucapnya

Ditempat yang sama, Wali Kota Baubau, Laode Ahmad Monianse mengapresiasi atas kunjungan Irjen Kementan di tanah wolio.

“Terima kasih kepada bapak menteri pertanian melalui inspektorat jenderal kementerian pertanian atas komitmen dan sinerginya dalam membangun pertanian di Pulau Buton, kami sangat mendukung apa yang menjadi program kementan untuk jaga pangan, jaga masa depan," ungkap Ahmad Monianse.

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Asdar Zuula

Follow Berita iNews Kendari di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut