Piala AFF U-19 2022: Bantai Myanmar 5-1, Timnas Indonesia Gagal ke Semifinal

Fitradian Dhimas Kurniawan
.
Minggu, 10 Juli 2022 | 22:28 WIB
Timnas Indonesia gagal ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Padahal mereka menang 5-1 atas Myanmar pada matchday terakhir Grup A Piala AFF U-19 2022. (Foto: PSSI)

BEKASI, iNews.id - Meski pesta gol, Timnas Indonesia gagal lolos semifinal Piala AFF U-19 2022.

Timnas Indonesia U-19 mebantai Myanmar pada matchday terkahir Grup A dengan skor 5-1 di Stadion Patriot Candrabhaga, Minggu (10/7/2022) malam.

Indonesia gagal lolos karena di partai lain Thailand bermain imbang 1-1 melawan Vietnam. Akibatnya Indonesia finis di peringkat ketiga Grup A.

Tim asuhan Shin Tae-yong itu punya poin yang sama dengan Vietnam (juara Grup A) dan Thailand (runner up), namun kalah dari hal selisih gol.

Pertandingan baru berjalan tujuh menit, Indonesia justru tertinggal lebih dahulu. Bebas tak terjaga, La Min Htwe berhasil mencetak gol dengan tandukannya, meneruskan sepak pojok.

Indonesia akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-16. Hal itu menyusul gol yang diciptakan oleh Muhammad Ferarri melalui sundulannya, memaksimalkan tendangan bebas.

Pada menit ke-25, Indonesia berhasil berbalik memimpin. Kali ini, Arkhan Fikri yang menjebol gawang Myanmar. Tendangan Arkhan dari luar kotak penalti sempat ditangkap oleh kiper Myanmar, Hein Htet Soe, namun dia gagal memegangnya dengan sempurna, sehingga gol masuk ke gawangnya.

Keunggulan Indonesia semakin melebar pada menit ke-31. Ferarri mencetak gol keduanya. Tandukannya kembali masuk ke gawang Myanmar dan Hein Htet Soe tak berkutik.

Tak lama kemudian, Indonesia menambah keunggulannya. Pada menit ke-32, Rabbani Tasnim Siddiq menjebol gawang Myanmar. Dia menampilkan kemampuan individunya, sebelum menceploskan bola ke gawang lawan.

Tertinggal, Myanmar berusaha untuk bangkit. Mereka lalu mendapat peluang pada menit ke-45. Namun, serangan mereka dapat dihalau kiper Indonesia, Cahya Supriadi, Indonesia pun mengakhiri babak pertama dengan skor 4-1.

Duel di babak kedua berlangsung sengit. Indonesia masih mendominasi permainan. Garuda Nusantara bisa menambah pundi-pundi gol.

Pemain pengganti Ronaldo Kwateh pada menit ke-72 mencatatkan namanya di papan skor. Setelahnya Indonesia tetap menguasai pertandingan untuk menambah gol. Sayangnya tak ada tambahan gol yang tercipta hingga peluit panjang dibunyikan.

SUSUNAN PEMAIN

INDONESIA (4-4-2)

Cahya Supriadi; Kakang Rudianto, Muhammad Ferrari, Ahmad Rusadi, Mikael Alfredo Tata; Zanadin Fariz, Dimas Juliono Pamungkas, Arkhan Fikri, Ferdiansyah Cecep Surya; Hokky Caraka, Rabbani Tasnim Siddiq.

Pelatih: Shin Tae-yong

MYANMAR

Hein Htet Soe; Myo Min Hein, Lan Sann Aung, Lin Lin Tun, Khun Aung Soe; Ar Kar Kyaw, Zaw Win Thein, Chit Aye, Oakkar Naing; La Min Htwe Thein Zaw Thiha,

Pelatih: Soe Myat Min

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Asdar Zuula
Bagikan Artikel Ini