get app
inews
Aa Read Next : Angka Inflasi Sultra Terkendali Pasca Idul Fitri 1445 H di Bawah Angka Inflasi Nasional

Banyak Sampah di Sungai, Puluhan Rumah di Punggolaka Kendari Terendam Banjir

Sabtu, 25 Juni 2022 | 20:18 WIB
header img
Sejumlah Pengendara yang Melintas di Jalan Seputaran Kelurahan Punggolaka, Kendari, Sulawesi Tenggara, terganggu Akibat Banjir, Sabtu (25/6/2022). (Foto: Mukhtaruddin)

KENDARI, iNews.id - Puluhan rumah di Kelurahan Punggolaka, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) terendam banjir, Sabtu (25/6/2022).

Rumah yang berada di sisi kali punggolaka dengan cepat terendam luapan kali.

Ketinggian air yang mencapai 30 hingga 50 cm juga merendam ruas jalan hingga memicu kemacetan kendaraan yang melintas.

Menurut warga, banjir ini merupakan yang kedua kalinya terjadi dalam satu bulan terakhir. Selain akibat tingginya curah hujan, banjir juga diduga akibat kali tersumbat oleh sampah rumah tangga.

Beberapa warga juga mengungkapkan, masih banyak rumah tangga khususnya di area hulu kali membuang sampah sembarangan, hingga menutup dan mengendap di permukaan kali.

Kebiasaan ini, terus terulang karena tidak ada kontrol atau imbauan dari rt, lurah setempat, atau pihak berwenang lainnya.

“Ini sudah sering mas, sudah berapa kali hujan deras begini ini kebanjiran mungkin akibat terlalu meluapnya ini sampah yang di sungai ini tiap hujan deras. Sudah berapa rumah warga ini ada kejadian yang jadi korban tapi sampai sekarang antisipasinya belum ada dari pihak pemerintah setempat belum ada mengambil tindakan atau bagaimana,” ungkap warga Punggolaka, Kris.

Warga berharap, pemerintah setempat segera mengambil tindakan, memberi imabauan pada warga terkait kebersihan lingkungan, serta melakukan pengerukan di sepanjang kali yang tertutup sampah.

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Asdar Zuula

Follow Berita iNews Kendari di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut