Hadiri Rakornas P2DD 2024, Pj Gubernur Sultra Tegaskan Komitmen Percepat Digitalisasi Daerah

Asdar
Hadiri Rakornas P2DD 2024, Pj Gubernur Sultra Tegaskan Komitmen Percepat Digitalisasi Daerah. (Foto: Istimewa)

Sementara Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, menekankan pentingnya menjaga kesinambungan P2DD agar koordinasi dan sinergi antara berbagai inisiatif nasional dapat mempercepat digitalisasi dan memperkuat skala ekonomi daerah.

Dalam kesempatan ini, Ketua Pengarah Satgas P2DD, Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyampaikan mengenai penguatan ekosistem transaksi digital pemerintah daerah. Airlangga Hartarto, menggarisbawahi pentingnya dukungan terhadap kebijakan P2DD, termasuk penguatan peran Bank Pembangunan Daerah (BPD) dan sosialisasi kebijakan secara intensif.

Sebagai bentuk evaluasi dan apresiasi, TP2DD Award Tahun 2024 diberikan oleh Menko Perekonomian yang didampingi oleh Menteri PAN-RB, Menkeu, Gubernur BI dan Sekjen Kemendagri.

Dalam kesempatan yang sama, Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto, menyatakan komitmennya untuk mempercepat dan memperluas digitalisasi daerah, khususnya di Sultra. 

“Digitalisasi sangat penting untuk meningkatkan kinerja pemerintahan, kualitas layanan publik, dan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Andap.

Penutup, Andap mengajak semua pihak, termasuk pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta, untuk bekerjasama dalam mencapai pembangunan berkelanjutan melalui digitalisasi. 

“Dengan kerjasama yang baik, digitalisasi dapat menjadi alat ampuh untuk menciptakan ekosistem inovatif dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” tegasnya.

Sebagai informasi, jumlah Pemerintah Daerah digital di Provinsi Sultra mengalami peningkatan dari 10 menjadi 17 Kabupaten dan Kota. 

Pemerintah Daerah digital merujuk pada penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam tata kelola pemerintahan di tingkat daerah.

Selain itu, Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (IETPD) di Provinsi Sultra meraih angka 92,5%, naik 17,8% dari tahun sebelumnya, seiring dengan peningkatan Indeks Kompetitif Digital dan Masyarakat Digital.

Acara ini dihadiri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Dalam Negeri yang diwakili Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Menteri Keuangan, Menteri PANRB, serta Gubernur, Bupati, dan Walikota se-Indonesia.

Editor : Asdar Zuula

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network